Detail Cantuman

Image of Partisipasi Sosial Dalam Isu Body Positivity melalui Tagar di Jejaring Sosial Instagram : Studi Kasus mengenai Partisipasi Sosial pada Kampanye Body Positivity Sebagai Bentuk Social Media Activism melalui Tagar #Pelukdiriproject di Jejaring Sosial Instagram

Skripsi  

Partisipasi Sosial Dalam Isu Body Positivity melalui Tagar di Jejaring Sosial Instagram : Studi Kasus mengenai Partisipasi Sosial pada Kampanye Body Positivity Sebagai Bentuk Social Media Activism melalui Tagar #Pelukdiriproject di Jejaring Sosial Instagram


ABSTRAK

Bella Almira Siregar. 210110150175. 2019. Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0097006.754 BEL pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1E)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    006.754 BEL p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    ix, 102 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    006.754 BEL p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Bella Almira Siregar. 210110150175. 2019. Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.. Partisipasi Sosial Dalam Isu Body Positivity Melalui Tagar #PelukDiriProject di Jejaring Sosial Instagram. Drs. Hadi Suprapto Arifin, M.Si selaku dosen pembimbing utama dan Nindi Aristi, S.Sos., M.Comn, M.Si selaku dosen pembimbing pendamping.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna jejaring sosial Instagram mengenai gagasan body positivity serta isu body image, mengetahui bentuk partisipasi sosial pengguna jejaring sosial Instagram mengenai gagasan body positivity serta isu body image melalui tagar #PelukDiriProject, serta mengetahui alasan di balik pemilihan jejaring sosial Instagram sebagai media utama untuk menyuarakan gagasan body positivity dan isu body image oleh para partisipan kampanye #PelukDiriProject. Penelitian ini menggunakan teori participatory culture dari Henry Jenkins serta konsep social media activism. Data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam tak terstruktur, observasi non partisipan, studi literatur dan artikel terkait, serta materi audio-visual. Teknik validasi data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi sumber.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya gagasan body positivity yang hadir dikampanyekan di jejaring sosial Instagram yang salah satunya terdapat pada tagar #PelukDiriProject merupakan sebuah langkah untuk meruntuhkan standar body image dan memiliki pengaruh dalam mempersepsikan mengenai isu terkait. Adanya tagar seperti #PelukDiriProject menghadirkan aktivitas partisipasi sosial di mana para pengikut kampanye di jejaring sosial Instagram tersebut berperan sebagai produsen konten dan juga konsumen dari konten terkait isu body image dan gagasan body positivity. Konten-konten yang dihadirkan guna mengkampanyekan gagasan body positivity di jejaring sosial Instagram memberikan informasi yang cepat, singkat, dan padat bagi para pembacanya sehingga bisa menimbulkan sedikit pemahaman dan membentuk persepsi seseorang mengenai isu body image.


    Kata kunci: Partisipasi sosial, social media activism, body image, body positivity, Instagram







  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi