Detail Cantuman

Image of Etnografi Komunikasi Pengelola “Warung Tegal” Dalam Menjalin Relasi Dengan Pelanggan di Jakarta : Ethnography of Communication “Warung Tegal” Superintendent to Maintaining Relationships With Customers in Jakarta

Disertasi/Tesis/Skripsi  

Etnografi Komunikasi Pengelola “Warung Tegal” Dalam Menjalin Relasi Dengan Pelanggan di Jakarta : Ethnography of Communication “Warung Tegal” Superintendent to Maintaining Relationships With Customers in Jakarta


Abstrak
Kebutuhan, keinginan dan cara makan menentukan proses komunikasi khas selama proses makan di Warung Tegal. Cara makan merupakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K3K0176302.507 JUW ePerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.507 JUW e
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 323 hlm. : Ilus. ; 23 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.507 JUW e
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Abstrak
    Kebutuhan, keinginan dan cara makan menentukan proses komunikasi khas selama proses makan di Warung Tegal. Cara makan merupakan ekspresi identitas pribadi, sosial dan budaya serta kesejarahan seseorang. Cara makan, suasana makan, pemesanan dan pelayanan melibatkan tindak tutur dan peristiwa komunikasi sesuai peran masing-masing. Tindak tutur pengelola-pelanggan di Warung Tegal sebagai pokok masalah penelitian ini.
    Pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah : (1). Bagaimanakah gambaran usaha rumah makan Warung Tegal di Jakarta ? (2). Bagaimana gambaran bentuk, setting, dan suasana tempat usaha rumah makan Warung Tegal di Jakarta; ? (3).Bagaimana aktivitas komunikasi yang meliputi situasi komunikasi, peristiwa komunikasi dan tindakan komunikasi pengelola rumah makan Warung Tegal dengan pelanggan ? (4).Bagaimana komponen-komponen komunikasi yang membentuk peristiwa komunikasi pada berbagai situasi komunikasi ? (4). Bagaimana kemampuan dan pola komunikasi pengelola Warung Tegal dalam mengkomunikasikan usaha rumah makan pada pelanggan ?
    Metode penelitian yang digunakan yaitu metode etnografi komunikasi dengan kerangka kerja Dell Hymes. Untuk mendapatkan gambaran mendalam dari dalam pengelola pada komunitas usaha Rumah Makan Warung Tegal dan peristiwa komunikasi yang terjadi, maka pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
    Proses makan, karakteristik pelanggan, karakteristik pengelola, jenis makanan, suasana makan, dan jenis layanan membangun peristiwa komunikasi. Tindakan komunikasi merupakan ekpresi melalui bahasa untuk menyampaikan kebutuhan, perasaan, keinginan ,jenis pelayanan dan sebagainnya pada waktu makan di Warung Tegal. Komunikasi antar personal pengelola-pelanggan disampaikan dalam waktu yang singkat dengan bahasa yang singkat yang dikombinasikan dengan bahasa non verbal dan tindakan pelayanan.
    Kemampuan pengelola Warung Tegal dalam mengolah, menyajikan, melayani pelanggan, kemampuan mengkomunikasikan makanan dan cita rasa makanan pada berbagai karakteristik pelanggan. Komunikasi dengan tindak tutur secara verbal dan non verbal sebagai gambaran identitas pelanggan dilakukan sesuai kebutuhan, keinginan dan cara makan. Komunikasi dengan tindak tutur secara verbal dan non verbal yang khas untuk mengkomunikasikan jenis makan, cita rasa, kadar, jumlah dan jenis layanan yang diberikan pengelola pada pelanggan sebagai karakteristik komunikasi kuliner.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi