Detail Cantuman

Image of Realitas Korean Pop Bagi Remaja Berhijab K-Popers : Studi Fenomenologi Mengenai Korean POP Bagi Remaja Berhijab  K-Popers di Kota Bandung

Skripsi  

Realitas Korean Pop Bagi Remaja Berhijab K-Popers : Studi Fenomenologi Mengenai Korean POP Bagi Remaja Berhijab K-Popers di Kota Bandung


ABSTRAK

Rizka Devi Triana. 210110150099. 2019. Realitas Korean Pop Bagi Remaja Berhijab K-Popers (Studi Fenomenologi Mengenai ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0104305.242 2 RIZ rPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah - Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    305.242 2 RIZ r
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 207 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    305.242 2 RIZ r
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Rizka Devi Triana. 210110150099. 2019. Realitas Korean Pop Bagi Remaja Berhijab K-Popers (Studi Fenomenologi Mengenai Korean Pop Bagi Remaja Berhijab K-Popers di Kota Bandung). Dra. Kismiyati El Karimah., M.Si selaku dosen pembimbing utama dan Maimon Herawati, S.Sos., M.Litt. selaku dosen pembimbing pendamping. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran.

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami; 1) Motif remaja berhijab K-Popers dalam mengonsumsi musik K-Pop, 2) Simbol-simbol sosial yang digunakan oleh remaja berhijab K-Popers, dan 3) Makna K-Pop bagi remaja berhijab K-Popers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam terhadap tujuh orang informan, dan studi literatur.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Motif remaja berhijab K-Popers dalam mengonsumsi K-Pop dibagi ke dalam dua jenis, yaitu motif sebab dan tujuan. Motif sebab menunjukkan bahwa adanya keinginan remaja untuk dapat diterima oleh lingkungan sosialnya. Sedangkan, motif tujuan terdiri dari tujuh motif, yaitu; hiburan, motivasi, menyalurkan emosi, penyemangat dan penghilang stres, menambah teman, menyalurkan hobi, dan acuan gaya hidup. 2) Bentuk kecintaan remaja berhijab K- Popers terhadap K-Pop ditunjukkan melalui penggunaan simbol-simbol sosial, yakni berupa pakaian, produk kecantikan, bahasa, dan makanan. 3) Remaja berhijab K- Popers memaknai K-Pop sebagai penyemangat dan penyedia nilai-nilai pedagogis, acuan gaya hidup modern, dan bagian dari hidup.

    Kata kunci: K-Pop, remaja, hijab, motif, simbol sosial, makna.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi