Detail Cantuman

Image of Strategi Kampanye Politik Pasangan Walikota Bima Arya dan Dedie A. Rachim pada Pemilihan Walikota Bogor Tahun 2018 : Studi Kasus Tentang Strategi Kampanye Politik Pasangan Walikota Bima Arya dan Dedie A. Rachim pada Pemilihan Walikota Bogor Tahun 2018

Skripsi  

Strategi Kampanye Politik Pasangan Walikota Bima Arya dan Dedie A. Rachim pada Pemilihan Walikota Bogor Tahun 2018 : Studi Kasus Tentang Strategi Kampanye Politik Pasangan Walikota Bima Arya dan Dedie A. Rachim pada Pemilihan Walikota Bogor Tahun 2018


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Strategi Kampanye Politik Pasangan Walikota Bima Arya dan Dedie A.Rachim pada Pemilihan Walikota Bogor ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0107324.959 8 YAS sPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1E)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    324.959 8 YAS s
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 212 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    324.959 8 YAS s
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Penelitian ini berjudul Strategi Kampanye Politik Pasangan Walikota Bima Arya dan Dedie A.Rachim pada Pemilihan Walikota Bogor tahun 2018. Penelitian ini dilakukan oleh Yasmin Athania Khotimah di bawah bimbingan Drs. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si, dan Dedi R. Erlandia, A.Md., S.Sos., M.Si. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi, strategi jaringan kampanye yang digunakan serta strategi dalam menghadapi black campaign ataupun negative campaign oleh Bima Arya dan Dedie A.Rachim (BADRA) pada pemilihan walikota dan wakil walikota Bogor tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam kepada 8 key informan yang diambil secara purposive sampling dan studi dokumentasi.

    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye politik (pesan) yang digunakan oleh BADRA ialah terkait dengan pencapaian Bima Arya yang belum tuntas secara menyeluruh di periode sebelumya, BADRA merupakan pasangan walikota yang ideal serta bebas dari segala bentuk korupsi dan pesan yang berkaitan dengan visi misi. Media yang digunakan dalam kampanye beragam seperti media cetak, media elektronik dan media sosial. Kegiatan kampanye yang dilakukan yaitu Badra Menyapa, Badra Open House, Badra Ngubek Lembur dan menggunakan beberapa bentuk kampanye kreatif. Strategi jaringan yang digunakan oleh BADRA ialah membentuk dua struktur tim kampanye pemenangan yaitu partai politik dan tim relawan. Sementara, strategi untuk menangkis black campaign atau negative campaign dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan memberikan klarifikasi melalui media sosial khususnya Instagram pribadi Bima Arya terhadap beberapa isu yang berkembang di masyarakat. Kedua, memberikan penjelasan secara langsung melalui forum-forum yang dihadiri.

    Kata Kunci : Strategi Kampanye Politik, BADRA, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bogor tahun 2018

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi