Detail Cantuman

Image of Konstruksi Makna Aktivitas Jurnalistik Bagi Pelajar Anggota Komunitas : Studi Fenomenologi tentang Konstruksi Makna Aktivitas Jurnalistik bagi Pelajar Anggota Komunitas Hai School Crew

Skripsi  

Konstruksi Makna Aktivitas Jurnalistik Bagi Pelajar Anggota Komunitas : Studi Fenomenologi tentang Konstruksi Makna Aktivitas Jurnalistik bagi Pelajar Anggota Komunitas Hai School Crew


ABSTRAK
Syifa Nuri Khairunnisa, 210610150054, 2019. Konstruksi Makna Aktivitas Jurnalistik bagiPelajar Anggota KomunitasHai School ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    KIA0934070.483 07 SYI kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    070.483 07 SYI k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 235 hlm. : Ilus. ; 23 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    070.483 07 SYI k
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Syifa Nuri Khairunnisa, 210610150054, 2019. Konstruksi Makna Aktivitas Jurnalistik bagiPelajar Anggota KomunitasHai School Crew. Pembimbing utama Dr. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si. dan pembimbing pendamping Ipit Zulfan, S.Sos., M.I.Kom. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.Penelitian ini membahas tentang konstruksi makna aktivitas jurnalistik bagi pelajar anggota komunitas Hai School Crew. Hai School Crew (HSC) adalah sebuah komunitas pelajar SMA yang berada di bawah naungan media Hai Online. Melalui komunitas ini, para pelajar yang tergabung di dalamnya bisa berpartisipasi dalam kegiatan keredaksian yang dilakukan oleh redaksi Hai Online.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif, pengalaman, dan makna aktivitas jurnalistik bagi pelajar anggota komunitas yang menjalankan aktivitas jurnalistik lewat komunitas HSC. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, metode penelitian kualitatifdengan pendekatan fenomenologi terhadap tujuh pelajar yang menjadi anggota komunitas HSC.Hasil penelitian menunjukkan proses konstruksi makna aktivitas jurnalistik yang dialami oleh para pelajar. Para pelajar awalnya memiliki beberapa motif yang mendorong mereka untuk berpartisipasi di komunitas HSC. Kemudian para pelajar tersebut melakukan berbagai aktivitas jurnalistik yang memungkinkan mereka mendapat berbagai pengalaman yang mereka peroleh secara otodidak soal jurnalistik. Setelahnya, para pelajar akan menciptakan rutinitas soal proses jurnalistik yang mereka lalui untuk menjadikannya kebiasaan dalam melakukan pekerjaan mereka di redaksi Hai Online.Pengalaman-pengalaman ini membentuk pengetahuan khusus mereka soal jurnalistik yang membentuk pemaknaan terhadap aktivitas jurnalistik yang mereka lakukan lewat komunitas HSC. Para informan memaknai aktivitas jurnalistik sebagai sebuah kegiatan mencari berita untuk kemudian dituangkan ke dalam bentuk tulisan sesuai fakta yang ada. Sementara makna kegiatan yang mereka lakukan di komunitas HSC ini adalah sebagai sarana mempelajari dunia kerja.Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menjalankan aktivitas jurnalistik secara rutin, para informan memperoleh motif, pengalaman, dan makna aktivitas jurnalistik, sehingga mereka bisa memahami perannya sebagai seorang partisipan yang memiliki tugas layaknya jurnalis profesional. Saran penelitian ini adalah agar para anggota HSC bisa terus mempertahankan eksistensi mereka dan terus aktif melakukan aktivitas jurnalistik yang menarik bagi remaja.Kata kunci: aktivitas jurnalistik, motif, pengalaman, maknaaktivitas jurnalistik
    ABSTRACTSyifa Nuri Khairunnisa, 210610150054, 2019.The Construction of Meaning of Journalism Activity by The Student Members of Hai School Crew Community. The main supervisor Dr. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si.and supervising companion Ipit Zulfan, S.Sos., M.I.Kom. Journalism Studie Program, Faculty of Communication, University of Padjadjaran, Jatinangor.This study discusses the construction of the meaning of journalistic activities for studentmembersat the Hai School Crew community. Hai School Crew(HSC)is a community of high school students whose activities supervised byHai Online media. Through this community, the memberscan participate in the editorial activities carried out by the Hai Online editorial staff.This study aims to determine the motives, experiences, and meanings of journalistic activities for students of community members who carry out journalistic activities through the Hai School Crew community. This study used a qualitative research method with a phenomenological approach to seven students who are members of the Hai School Crew (HSC) community.The results showed the construction process of the meaning of journalistic activities experienced by studentsof HSC members. Students initially have some motives that encourage them to participate in the HSC community. Then the students carry out a variety of journalistic activities that enable them to gain a variety of experiences about journalism. Afterwards, students will create routines about the journalistic process they go through to make it a habit of doing their work in the editorial activity of Hai Online.These experiences form their specific knowledge about journalism which will shape the meaning of journalistic activities they carry out through the HSC community. The informants interpret journalistic activities as an activity to find news and then put it in written form according to the facts. While the meaning of the activities they do in the HSC community is as a means of learning the world of work.The conclusion of this study is that by carrying out journalistic activities routinely, the informants obtain motives, experiences, and meanings of journalistic activities, so that they can understand their role as participants who have the work of professional journalists. The suggestion of this research is that HSC members can continue to maintain their existence and continue to actively carry out journalistic activities that are of interest to youth.Keywords: journalistic activities, motives, experiences, meaningsof journalistic activity
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi