Detail Cantuman

Image of Destination Branding Tanjung Lesung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Banten : Studi Deskriptif Mengenai Destination Branding dalam Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Banten

Skripsi  

Destination Branding Tanjung Lesung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Banten : Studi Deskriptif Mengenai Destination Branding dalam Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Banten


ABSTRAK



Destinasi wisata Tanjung Lesung saat ini menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata bahari unggulan nasional ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1B1732658.839 598 23 AZH dPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1B)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.839 598 23 AZH d
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 153 hlm.: Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.839 598 23 AZH d
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK



    Destinasi wisata Tanjung Lesung saat ini menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata bahari unggulan nasional yang dicanangkan untuk diciptakan sebagai “Bali Baru”. Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan bahwa, pemerintah telah menetapkan Tanjung Lesung sebagai prioritas pengembangan destinasi pariwisata dan hunian terpadu dengan ditetapkannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2012. Hal tersebut mendorong pihak pengelola untuk mengupayakan branding destinasi Tanjung Lesung. Upaya ini juga dinilai perlu lebih gencar dilakukan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Banten untuk mengembangkan serta mengembalikan image destinasi wisata Tanjung Lesung yang indah, aman, dan nyaman pasca diterjang tsunami Desember 2018 silam, dimana itu berdampak pada menurunnya reputasi serta antusiasme wisatawan untuk datang berkunjung.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pembangunan destination branding Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang dilakukan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif.

    Adapun hasil dari penilitian ini adalah Dinas Budaya dan Pariwisata Banten telah melakukan tahapan rekomendasi analisis dan strategi pencarian pasar, pengembangan identitas brand, memperkenalkan brand, mengimplementasikan brand, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses pembangunan destination branding Tanjung Lesung.

    Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa pihak pengelola menciptakan sebuah identitas unik untuk Tanjung Lesung dan disampaikan melalui saluran yang tersedia dengan bersinergi dengan seluruh unsur terkait. Saran yang dapat peneliti berikan untuk branding destinasi wisata Tanjung Lesung adalah dengan meningkatkan fungsi media berbasis online serta membangun interaksi dan hubungan baik dengan para wisatawan ataupun dengan para stakeholders, demi terciptanya iklim pariwisata yang kondusif dan teratur.



    Kata kunci: Destination Branding; Kawasan Ekonomi Khusus; Pariwisata; Tanjung
    Lesung, Dinas Budaya dan Pariwisata Banten






  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi