Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

IDEOLOGIFREE MUSIC SHAREDALAM DISTRIBUSI KARYA MUSIK BOTTLESMOKER


ABSTRAK

Runinda Nurhidayanti. 210110090023. 2013. Ideologi Free Music Share dalam Distribusi Karya Musik Bottlesmoker. Pembimbing ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C 0822780. 780 7 NUR iPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    780. 780 7 NUR i
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 223 hlm.:ilus.; 21 x 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    780. 780 7 NUR i
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Runinda Nurhidayanti. 210110090023. 2013. Ideologi Free Music Share dalam Distribusi Karya Musik Bottlesmoker. Pembimbing Utama Dr. Atwar Bajari, Drs., M.Si., Pembimbing Pendamping Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.I.Kom. Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, implementasi, dan dampak penggunaan metode free music share dalam distribusi karya musik Bottlesmoker. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus sebagai bagian dari metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bottlesmoker konsisten dengan ideologi yang dianutnya dan secara tulus akan selalu menyebarluaskan karya musiknya secara gratis melalui metode free music share. Dengan mengoptimalisasi pemanfaatan media baru, Bottlesmoker mendistribusikan sekaligus mempromosikan karya musiknya melalui berbagai kanal media sosial dan website resmi. Karya musik yang disebarluaskan melalui jaringan internet tersebut pada akhirnya mendatangkan berbagai keuntungan bagi Bottlesmoker.

    Peneliti menyimpulkan bahwa latar belakang penggunaan metode free music share dalam distribusi karya musik Bottlesmoker ini adalah keberadaan media baru yang memungkinkan untuk digunakan dalam distribusi karya. Implementasi free music share dilakukan melalui metode Self-Addressed Stamped Envelope (SASE) serta melalui netlabel. Dampak dari penggunaan metode free music share ini yaitu karya musik tersebut dapat tersebar luas sehingga mendatangkan bentuk-bentuk kolaborasi yang kemudian mendatangkan koneksi sehingga terjalin networking yang lebih luas. Dari networking yang terbentuk kemudian muncul berbagai kesempatan bagi Bottlesmoker untuk mempresentasikan kembali karya musiknya.

    Peneliti menyarankan pengorganisasian berbagai kanal media sosial sekaligus website resmi Bottlesmoker agar lebih teratur, perlu adanya komunikasi dengan pihak pengelola akun last.fm yang belum diketahui identitasnya untuk mengoordinasikan pesan yang disampaikan melalui akun tersebut, serta untuk terus mempelajari pola-pola penggunaan berbagai media sosial tersebut agar penyampaian informasi bisa dilakukan di waktu yang tepat dan tersampaikan kepada publik yang menjadi targetnya.


  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi