Detail Cantuman

Image of Rancang Brosur Sebagai Program Promosi Perpustakaan : Penelitian Tindakan (Action Research) Mengenai Rancang Brosur Sebagai Program Promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan Perpustakaan Jayaloka Lestari Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Skripsi  

Rancang Brosur Sebagai Program Promosi Perpustakaan : Penelitian Tindakan (Action Research) Mengenai Rancang Brosur Sebagai Program Promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan Perpustakaan Jayaloka Lestari Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta minat kunjung perpustakaan dengan melakukan program promosi berupa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1D1584021.7 MAU rPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    021.7 MAU r
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    ix, 92 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    021.7 MAU r
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta minat kunjung perpustakaan dengan melakukan program promosi berupa media brosur dengan mengkaji desain visual brosur serta konten informasi brosur sebagai media promosi untuk Perpustakaan Jayaloka Lestari Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Teknik untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanlembar evaluasiyang diberikan kepada 25 orangdan hasil berdiskusi dengan staff perpustakaan, serta penilaian dari Informan Trianggulasi untuk mengevaluasi hasil brosur yang telah dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian ini melihat dari desain visual brosur yang dominan menggunakan warna biru ke hijau-hijauan, abu, hitam, serta putihuntuk menarik perhatian calon pemustaka, kemudian untuk tipografi sendiri menggunakan font Berlin Sans FBDemi dan font Arial judul dan sub judul sedangkan isi menggunakan font Berlin Sans FB, untuk ilustrasi sendiri menggunakan dokumentasi dari kegiatan perpustakaan, serta untuk layout sendiri menggunakan kertas A4. Konten informasi yang digunakan dalam brosur untuk menjadikan sebagai informasi yang sangat penting terdiri darisejarah singkatperpustakaan, visi dan misi perpustakaan, kegiatan perpustakaan, mekanisme dan prosedur jangka waktu peminjaman buku atau bahan pustaka, alur pembuatan kartu anggota, jam layanan perpustakaan, serta lokasi Perpustakaan Jayaloka Lestari. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa rancang desain visual yang terdiri dari warna, tifografi, ilustrasi, layout kemudian yang ada dalam konten informasi mampu meningkatkan pengetahuan serta minat kunjung.Kata Kunci : Minat Kunjung, Promosi, Brosur.
    ABSTRACTThis study aims to increase the knowledge and interest of library visits by conducting a promotional program in the form of media brochures by studying the visual design of brochures and brochure information content as promotional media for the Jayaloka Lestari Library of Jayapura Village, Cigalontang District, Tasikmalaya Regency. The method used in this research is action research. The technique for collecting data in this study used an evaluation sheet given to 25 people and the results of discussions with library staff, as well as the assessment of a Triangulation Informant to evaluate the results of the brochure that was made by researchers. The results of this study look at the visual design of the dominant brochure using blue to greenish, gray, black,and white to attract the attention of prospective readers, then for the typography itself using the Berlin Sans FB Demi font and Arial fonts for titles and subtitles while the contents use font Berlin Sans FB, for own illustration using documentation fromlibrary activities, as well as for own layout using A4 paper. The information content used in the brochure to make it very important information consists of a library's brief history, library's vision and mission, library activities, mechanisms and procedures for borrowing books or library materials, membership card making flow, library service hours, and library locations Jayaloka Lestari. The conclusion of this research is that visual design consisting of colors, typography, illustrations, and later layouts in the information content can increase the knowledge and interest of visitors.Keywords: Visit Interests, Promotion, Brochures.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi