Detail Cantuman

Image of Apresiasi Siswa SMALB/B DKI Jakarta Terhadap Tayangan Kotak Interpreter Berita TVRI : Survey Deskriptif pada Siswa SMA Luar Biasa/B di DKI Jakarta terhadap Tayangan Kotak Interpreter Program Berita Indonesia Malam TVRI Jakarta-Banten

Skripsi  

Apresiasi Siswa SMALB/B DKI Jakarta Terhadap Tayangan Kotak Interpreter Berita TVRI : Survey Deskriptif pada Siswa SMA Luar Biasa/B di DKI Jakarta terhadap Tayangan Kotak Interpreter Program Berita Indonesia Malam TVRI Jakarta-Banten


ABSTRAKA lza Azoza, 210610150017, 2019. Skripsi ini memiliki judul, Apresiasi Siswa SMALB/B DKI Jakarta terhadap Tayangan Kotak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1A0938384.55 ALZ hPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    384.55 ALZ h
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 174 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    384.55 ALZ h
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAKA lza Azoza, 210610150017, 2019. Skripsi ini memiliki judul, Apresiasi Siswa SMALB/B DKI Jakarta terhadap Tayangan Kotak Interpreter Berita TVRI : Survey Deskriptif pada Siswa SMALB/B di DKI Jakarta terhadap Tayangan Kotak Interpreter Program Berita Indonesia Malam TVRI Jakarta Banten. Pembimbing Utama Dr. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si dan Pembimbing Pendamping Dandi Supriadi, S.Sos., MA (SUT), Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.Dalam PP RI Nomor 13 Tahun2005 menjelaskan tentang media TVRI memiliki tugas menyampaikan informasi untuk semua lapisan masyarakat. Termasuk masyarakat berkebutuhan khusus seperti tuli. Sebagai jembatan penghubung informasi kepada masyarakat tuli, TVRI menggunakan kotak interpreter dalam tayangan berita Indonesia Malam. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui bagaimana apresiasi siswa SMALB/B DKI Jakarta terhadap tayangan kotak interpreter TVRI. Sebagai pisau bedah analisisnya, peneliti menggunakan konsep yaitu Apresiasi yang berarti menilai keindahan suatu objek dengan tiga buah aspek di dalamnya yaitu Kognitif, Emotif, dan Evaluatif. Peneliti juga menggunakan sebuah teori yaitu Desonansi Kognitif untuk menjelaskan pola siswa dalam memilih jawaban kuesioner. Hasil penelitian mengidentifikasikan bahwa Apresiasi Siswa dalamAspek Kognitif dinyatakan baik. Aspek Emotif memunculkan jawaban baik dan Aspek Evaluatif siswa adalah cukup (di bawah baik).Saran dari penelitian ini adalah TVRI meningkatkan cara penyajian tayangan kotak interpreter TVRI khusunya pada tayangan BISINDO pada bahasa yang terlalu cepat dan juga ukuran kotak yang berubah-ubah tidak konsisten. Mengingat pada Aspek Evaluatif atau penilaian, siswa memberikan nilai tidak terlalu baik pada bagian format penyajian kotak interpreter TVRI.Kata kunci : TVRI, SMALB/B, Indonesia Malam, Apresiasi, Desonansi Kognitif.
    ABSTRACTAlza Azoza, 210610150017, 2019. This research has a title, Appreciation Special Education Students DKI Jakarta about Sign Languages in News Program TVRI : Survey Descriptive Special Education Students DKI Jakarta about Sign Languages News Program Indonesia Malam TVRI Jakarta Banten. As a mentor Dr. Hj. Sri Mulyani, M.Si. and Dandi Supriadi, S.Sos MA (SUT), Journalistic Department, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University, Jatinangor.PP RI Number 13 Year 2005 explainedabout TVRI that has a duty to give any information to all community with no exception including special community such as deaf person. TVRI using a sign languages as a connector between information and deaf community in news program Indonesia Malam.This research has a final destination to know how the appreciation special needsstudents DKI Jakarta about sign languages in interpreter box TVRI. As a knife to analyze this, researcher use the appreciation concept which means to contemplate beauty of an object with three aspect init, Cognitive, Emotive, Evaluative.Researcher also using a theory which is Cognitive Dissonance. Theresult of this research identified the student’s appreciation in Cognitive Aspect is good. EmotiveAspect also good and EvaluativeAspect given an enough answer which means below the good.Advice from this research is TVRI must improve the serving method of the interpreter box TVRI especially in BISINDO language which is too fast and the size of the box is too small and inconsistent.Keyword : TVRI, special needs students, Indonesia Malam, appreciation, cognitive dissonance.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi