Detail Cantuman

Image of Penerapan Pagar Api Pada Female Daily Network : Studi Kasus Intrinsik Robert E. Stake Mengenai Penerapan Batas Antara Editorial dan Advertorial di Female Daily Network

Skripsi  

Penerapan Pagar Api Pada Female Daily Network : Studi Kasus Intrinsik Robert E. Stake Mengenai Penerapan Batas Antara Editorial dan Advertorial di Female Daily Network


ABSTRAK Cristine Evifania Manik, 210610150056, 2019. Penelitian ini berjudul “Penerapan Pagar Api pada Female Daily Network”. Studi Kasus ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1A0940659.144 CRI pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    659.144 CRI p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 146 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    659.144 CRI p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK Cristine Evifania Manik, 210610150056, 2019. Penelitian ini berjudul “Penerapan Pagar Api pada Female Daily Network”. Studi Kasus Intrinsik Robert E. Stake Mengenai Penerapan Batas Antara Editorial dan Advertorialdi Female Daily Network. Pembimbing utama Dra. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si., dan pembimbing pendamping Ika Merdekawati Kusmayadi, S.I.Kom., MA. Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksiadvertorialpada websitedan YouTubemedia gaya hidupFemale Daily Network, apa saja kebijakan yang diterapkan untuk mengatur iklan, dan bagaimana prinsip pagar api diterapkan pada konten edvertorial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik Robert E. Stake. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen kualitatif, materi audio-visual, studi literatur, dan penelusuran data online.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Female Daily Network memproduksi advertorial dalam dua tahap, yaitu proses penjualan dan proses produksi (running campaign). Female Daily Network tidak memiliki ketentuan yang ketat dalam penerimaan kerjasama iklan sehingga harus selalu melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan calon pengiklan. Tim redaksi bertugas untuk menulis editorial dan advertorial. Negosiasi dengan pengiklanmempengaruhi aktivitas jurnalistik hingga menimbulkan bias batasan antara advertorial dan editorial di Female Daily Network, meskipun prinsip pagar api mulai diterapkan.Peneliti menyarankan agar Female Daily Network memperjelas batasanpagarapi antara editorial dan advertorialdengan cara membuat segmen khusus untuk video advertorial dan kanal khusus untuk artikel;memisahkanalur kerjasumber daya manusianya;dan mengatur kebijakan mengiklan yang tegas terhadap pengiklan. Kata kunci: Female Daily Network,editorial,advertorial, pagar api,jurnalisme, gaya hidup, media baru
    iiABSTRACTCristine Evifania Manik, 210610150056, 2019. This research is entitled "The Application of Firewall inFemale Daily Network". Intrinsic Case Studies by Robert E. Stake about Application of Firewall Boundaries BetweenEditorialand Advertorial onFemale Daily Network. Supervised byDra. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si., and Ika Merdekawati Kusmayadi, S.I.Kom., MA. Departement of Journalism Study ,Faculty of Communication Science, Padjadjaran University.This study aims to find out how the advertorial production process on lifestyle media Female Daily Network’s website andYouTube, what policies are applied to regulate advertising, and how the principle of firewall is applied to advertorial content. This studyused the qualitative method withcase study by Robert E. Stake approach. Data werecollected through observation, interviews, qualitative documents, audio-visual material, literature studies, and online data search.The results showed that Female Daily Networkproduces advertorials in two stages, named sales processandproduction process (running campaign). Female Daily Network does not have strict provisions in accepting advertising cooperation so they have tonegotiate in advance with potential advertisers. The editorial team is responsible for editorial and advertorial writing. Negotiations withadvertisers affect journalismactivities to the extent of biasing the boundaries between advertorial and editorials inFemale Daily Network, even though the principle of firewallbegan to be applied.Researchers suggest Female Daily Networkto clarifythefirewallboundaries between editorial and advertorial by creating special segments for video advertorials and special columnfor articles; separating the workflow of human resources; and set advertising policies that are strict with advertisers.Keywords: Female Daily Network,editorial,advertorial, firewall, journalism, lifestyle, new media
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi