Detail Cantuman

Image of Representasi Citra Diri di Instagram Dalam Film Pendek Komersial Lalin : Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Citra Diri di Instagram dalam Film Pendek Komersial Lalin

Skripsi  

Representasi Citra Diri di Instagram Dalam Film Pendek Komersial Lalin : Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Citra Diri di Instagram dalam Film Pendek Komersial Lalin


ABSTRAK Shan Bisry Sujudi, 210410150034, 2019. Skripsi ini berjudul Representasi Citra Diri di Instagram dalam Film Pendek Komersial Lalin. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1F0003791.43 SHA rPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    791.43 SHA r
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    ix, 99 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    791.43 SHA r
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK Shan Bisry Sujudi, 210410150034, 2019. Skripsi ini berjudul Representasi Citra Diri di Instagram dalam Film Pendek Komersial Lalin. Pembimbing utama Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Si. dan pembimbing pendamping Ika Merdekawati Kusmayadi, S.I.Kom,M.A. Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, dan mitoscitra diridi Instagramyang direpresentasikan dalam film pendek komersial Lalin.Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengen pendekatan studi semiotika Roland Barthes.Hasil penelitian menunjukkan pada tahapan denotasi yaitu bagaimana seseorang dengan citra diri virtual menarik mudah disukai oleh banyak orang lain, pada tahapan konotasi yaitu demi memuaskan keinginan orang lain seseorang rela mengorbankan kebahagian diri sendiri, sedangkan pada tahapan mitos yaitu: (1) orang yang mempunyaiwajah rupawan setengah masalah hidupnya sudah terselesaikan, (2) perempuan cantik adalah yang berkulit putih, bersih, dan proporsional, (3) kehidupan dunia maya berbanding lurus dengan dunia nyata.Simpulan penelitian ini adalah bahwa representasi yang ditampilkan dalam film pendek komersial Lalin memberikan pandangan lebih mendalam dan dampak negatif darirealitas sosial yang terjadi di kalangan remaja mengenai citra diri virtual palsu yang diciptakan di sosial media terutama Instagram.Kata kunci: Lalin, Film Pendek Komersial, Citra DiriVirtual, Youtube, Thailand, Representasi
    iiABSTRACTShan Bisry Sujudi, 210410150034, 2019.This research title is“Representation of Self-Image on Instagram in CommercialShort FilmLalin”. This researchis make under guidance of Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Sc.as a primary counselor and Ika Merdekawati Kusmayadi, S.I.Kom., M.A. as secondary counselor. Television and Film Study, Faculty of Communication Sciences, PadjadjaranUniversity, Jatinangor.This paperaims to determine the meaning of self-image denotation, connotation,the myth of self-image on Instagram is represented in the commercial short film Lalin. The method used in this thesisis a qualitative research method with Roland Barthes's semiotic study approach.The results showsat the stage of denotation that is how someone with an attractive virtual self-image is easily liked by many others, at the connotation stage that is to satisfy the desires of others someone is willing to sacrifice happiness themselves, while at the stageof the myths: (1) people who have good-looking facehalf the problems of theirlife have been resolved, (2) beautiful women are white, clean, and proportional, (3) virtual world life is directly proportional to the real world.The conclusion of this research is that the representation shown in the commercial short film Lalin provides a deeper view and negative impact of social reality that occurs among teenagers regarding the wrongvirtual self-image created on social media, especially Instagram.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi