Detail Cantuman

Image of IInstagram Sebagai Media Dakwah dan Mendorong Daya Tarik Partisipasi Ta’lim Bagi Generasi Milenial : Studi Kasus pada Akun @shiftmedia.id

Disertasi/Tesis/Skripsi  

IInstagram Sebagai Media Dakwah dan Mendorong Daya Tarik Partisipasi Ta’lim Bagi Generasi Milenial : Studi Kasus pada Akun @shiftmedia.id


Abstrak Kehadiran media sosial menjadi salah satu alternatif bagi generasi milenial untuk mengakses berbagai konten dakwah Agama ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K2K522006.754 ALW iPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    006.754 ALW i
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    viii, 153 hlm. : Ilus. ; 29.5 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    006.754 ALW i
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Abstrak Kehadiran media sosial menjadi salah satu alternatif bagi generasi milenial untuk mengakses berbagai konten dakwah Agama Islam. Akan tetapi banyaknya konten dakwah yang tersebar di media sosial membuat persaingan antara content creatormuslim semakin ketat. Selain itu media sosial juga memiliki keterbatasan durasi atau jumlah kata pada tiap konten yang diunggah. Sehingga para pengguna sering salah dalam memahami pesan dakwah yang di media sosial. Dalam artikel ini, dakwah SHIFT pemuda hijrah menyita perhatian publik khususnya dari generasi milenial jika diamati berdasarkan aspek strategi dakwah. SHIFT yang aktif berdakwah sejak tahun 2015, merupakan kelompok aktifis muslim yang memiliki kekhawatiran atas pergaulan anak muda yang jauh dariajaran Agama Islam. Melalui pendekatan penelitian kualitatif serta melakukan wawancara mendalam, artikel ini menemukan strategi dakwah yang dilakukan SHIFT pemuda hijrah dilakuakan secarakontemporer dengan pendekatan sosial budayayang mengangkat unsur street culture.Hal ini menunjukan bahwa dakwah dengan dukungan teknologi komunikasi dan informasi perlu juga pendekatan agar mendapatkan perhatian publik. Selai itu street culturesebagai sebuah budaya yang identik dengan kebebasan mampu dikolaborasikan dengan ajaran Agama Islam yang memiliki berbagai aturan yang harus ditaati umat muslim.Kata Kunci: Media Sosial, Strategi,Dakwah
    iAbstractThe presence of social media is an alternative for millennial generation to access a variety of Islamic da'wah content. However, the amount of da'wahcontent that is spread on social media makes competition between Muslim content makers more stringent. In addition, social media also has a limit on the duration or number of words in each uploaded content. Often users often misunderstand preaching messages on social media. In this article, Da'wah SHIFT youth migrates seize the attention of the public from millennial generation if it is agreed based on aspects of Da'wah strategy. SHIFT, who is active in preaching since 2015, is a group of Muslim activists who have relationships with young people who are far from the teachings of Islam. Through qualitative research and conducting in-depth interviews, this article discovers the propaganda strategy carried out by SHIFT of young migrants carried out with contemporary discusses social culture that elevates street culture. This refers to Da'wah with the support of technology and information needed to get public attention. Jam is the way of culture as something related to freedom that can be collaborated with religion which has various rules that must be obeyed by Muslims.Keywords: Social Media, Strategic,da’wah
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi