Detail Cantuman

Image of Komunikasi Guru dan Orangtua Dalam Sistem Pendidikan Sekolah : Studi Kasus Komunikasi Guru dan Orangtua Dalam Sistem Pendidikan Sekolah Dasar Thafizhplus Khoiru Ummah Kranggan untuk Mewujudkan Sinergisasi Rumah dan Sekolah

Skripsi  

Komunikasi Guru dan Orangtua Dalam Sistem Pendidikan Sekolah : Studi Kasus Komunikasi Guru dan Orangtua Dalam Sistem Pendidikan Sekolah Dasar Thafizhplus Khoiru Ummah Kranggan untuk Mewujudkan Sinergisasi Rumah dan Sekolah


ABSTRAK

Miranthi Faizaqil Karima, 210510150084, 2019, “Komunikasi Guru dan Orangtua dalam Sistem Pendidikan Sekolah”. Dr. Asep ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C0896297.071 MIR kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    297.071 MIR k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 257 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    297.071 MIR k
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Miranthi Faizaqil Karima, 210510150084, 2019, “Komunikasi Guru dan Orangtua dalam Sistem Pendidikan Sekolah”. Dr. Asep Suryana, Drs. M. Si. sebagai Pembimbing Utama dan Dr. Slamet Mulyana, M. I. Kom. sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya sinergisitas komunikasi guru dan orangtua, penerapannya, pembagian peran, dan dinamika komunikasi diantara keduanya dalam sistem pendidikan Sekolah Dasar Thafizh Plus Khoiru Ummah Kranggan untuk mewujudkan sinergisasi rumah dan sekolah. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial dan teori tujuan retorikal dan relasional. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDTP Khoiru Ummah Kranggan melibatkan orangtua sebagai partner pendidik dan pendamping anak di rumah, hal ini dilakukan sebagai upaya mengembalikan peran orangtua sebagai madrasah pertama dan utama anak. Sekolah memfasilitasi program-program dan media- media komunikasi untuk menyinergikan guru dan orangtua, serta mengoptimalkan keduanya menjalankan perannya masing-masing dalam pendidikan anak. Dinamika komunikasi diantara guru dan orangtua pun memiliki peluang gagal dan berhasil. Hambatan komunikasi yang mengganggu kelancaran komunikasi antara guru dan orangtua menghadirkan konsekuensi yang harus dihadapi.
    Simpulan dari penelitian ini adalah komunikasi guru dan orangtua dalam sistem pendidikan sangat memengaruhi perkembangan karakter dan penggalian potensi anak. Diperlukan mekanisme komunikasi tersistem dan terkendali yang dapat mengatur keterlibatan orangtua, serta membangun sinergi antara guru dan orangtua dalam sistem pendidikan sekolah.
    Kata kunci: komunikasi guru dan orangtua, pelibatan orangtua, komunikasi instruksional.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi