Detail Cantuman

Image of Restrukturisasi Corporate Secretary di PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. : Studi Kasus Mengenai Penggabungan Unit Corporate Communication Kedalam Unit Corporate Secretary PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk.

Skripsi  

Restrukturisasi Corporate Secretary di PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. : Studi Kasus Mengenai Penggabungan Unit Corporate Communication Kedalam Unit Corporate Secretary PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk.


ABSTRAK

Shadiq Ali Fauzi. 210110140211, 2019, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C0902658.401 SHA rPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.401 SHA r
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 230 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.401 SHA r
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Shadiq Ali Fauzi. 210110140211, 2019, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Judul Penelitian “Restrukturisasi Corporate Secretary Di PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk.”. Dr. Rd. Hj. Funny Mustikasari Elita, Dra., M.Si. sebagai pembimbing utama dan Dedi R. Erlandia, A.Md.,S.Sos,M.Si. sebagai pembimbing pendamping.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui restrukturisasi yang terjadi pada unit corporate secretary dan corporate communication PT. Garuda Indonesia, kepemimpinan yang terjadi setelah dilakukannya restrukturisasi, serta cara karyawan unit corporate secretary beradaptasi terhadap restrukturisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, serta studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah para anggota serta pemimpin unit corporate secretary PT. Garuda Indonesia.
    Hasil penelitian ini menunjukkan latar belakang terjadinya restrukturisasi yang dilakukan antara unit corporate secretary dengan unit corporate communication adalah adanya kesamaan fungsi kerja kedua unit tersebut yaitu sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dengan public atau stakeholder. Struktur kepemimpinan juga ikut mengalami perubahan yaitu pada awalnya kedua unit tersebut memiliki vice president-nya masing-masing, setelah restrukturisasi hanya terdapat satu vice president unit corporate secretary yang membawahi seluruh sub-unit yang terdapat pada unit corporate secretary. Membangun interaksi antar anggota untuk koordinasi yang baik, memahami perubahan struktur organisasi, serta menyampaikan laporan atau informasi kepada anggota unit corporate secretary mengenai tugas dan fungsi sub-unit masing-masing, menghasilkan pemahaman keseluruhan unit corporate secretary yang dapat mempermudah para anggota dalam melakukan koordinasi perihal pekerjaannya, serta memahami tugas pokok dan fungsi dari masing-masing sub-unit setelah terjadinya restrukturisasi terhadap unit mereka.
    Simpulan dari penelitian ini adalah restrukturisasi unit corporate secretary dilakukan guna memperbaiki kinerja organisasi sebagai penghubung antara perusahaan dengan publik serta stakeholder perusahaan. Saran dari penelitian ini adalah ukuran unit yang akan digabungkan harus diperhatikan agar cakupan dari unit tersebut tidak menjadi terlalu luas serta penyampaian informasi perubahan struktur kepada anggota guna mempermudah anggota untuk adaptasi terhadap perubahan yang dilakukan.

    Kata Kunci: Restrukturisasi, Corporate Secretary, Kepemimpinan, Adaptasi






  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi