Detail Cantuman

Image of Komunikasi Program Citarum Harumdi Sektor 6 Kabupaten Bandung : Studi Kasus Mengenai Strategi Komunikasi Program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung

Skripsi  

Komunikasi Program Citarum Harumdi Sektor 6 Kabupaten Bandung : Studi Kasus Mengenai Strategi Komunikasi Program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung


ABSTRAK


Sarah Yusra. 210110150213. 2019. Strategi Komunikasi Program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung (Studi Kasus ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0114K1E0114 363.701 SAR sPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    K1E0114 363.701 SAR s
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 126 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658. 461 607 Yus s
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK


    Sarah Yusra. 210110150213. 2019. Strategi Komunikasi Program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung (Studi Kasus mengenai Strategi Komunikasi Program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung. Dr. Herlina Agustin, S.Sos., M.T. Selaku dosen pembimbing utama dan Benazir Bona P., S.I.Kom., M.I.Kom. Selaku dosen pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Alasan dari dari penggunaan strategi komunikasi pada program Citarum Harum di Sektor 6
    Kabupaten Bandung, 2) Perencanaan strategi komunikasi pada program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung, dan 3) Pelaksanaan strategi komunikasi pada program Citarum Harum di Sektor 6 Kabupaten Bandung.

    Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi di Kampung Mekarsari dan Kampung Cijagra Sektor 6 Citarum Harum, dan wawancara kepada 8 orang informan yang terdiri dari 2 orang anggota Tim Satgas Citarum Harum, 1 orang Babinsa TNI-AD, dan 5 orang masyarakat yang tinggal di Kampung Mekarsari dan Kampung Cijagra Sektor 6 Kabupaten Bandung. Pemilihan informan tersebut menggunakan teknik purpossive sampling.

    Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Komunikasi tatap muka digunakan sebagai strategi komunikasi pada program Citarum Harum di Sektor 6 dengan tujuan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Tim Satgas sebagai komunikator, 2) Perencanaan strategi komunikasi pada program Citarum Harum di Sektor 6 diawali dengan mengenali target sasaran kemudian menyusun pesan yang bersifat persuasif dan edukatif, serta menggunakan saluran komunikasi tatap muka sebagai saluran utama dalam menyampaikan pesan, dan 3) Pelaksanaan strategi komunikasi pada program Citarum Harum di Sektor 6 diawali dengan pelaksanaan uji coba dan sosialisasi program kepada masyarakat, kemudian menyusun pesan berupa materi pelestarian lingkungan dan proses produksi media media fisik berupa baliho, spanduk, dan mural, kemudian media nonfisik berupa penyuluhan dan kegiatan pembinaan.

    Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pelestarian Lingkungan, Citarum Harum



  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi