Detail Cantuman

Image of Pengalaman Komunikasi Ibudalam Membimbing Anak Cerebral Palsy: Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy

Skripsi  

Pengalaman Komunikasi Ibudalam Membimbing Anak Cerebral Palsy: Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy


ABSTRAK

Asri Puaidah. 210110150071. 2019. Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy (Studi Fenomenologi Tentang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0118616.83 ASR pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.83 ASR p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    vii, 88 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    616.83 ASR p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Asri Puaidah. 210110150071. 2019. Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy (Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Komunikasi Ibu dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy). Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Extd. Selaku dosen Pembimbing utama dan Racmaniar, S.Sos., M.Ikom. Selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Anak Cerebral Palsy merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus. Tidak semua ibu memiliki anak berkebutuhan khusus termasuk anak Cerebral Palsy. Hanya ibu-ibu yang kuat dan berhati besar serta sabar yang dapat membimbing anak-anak Cerebral Palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ibu memaknai anak penyandang Cerebral Palsy, untuk memahami cara ibu mengatasi kesulitan berkomunkasi dengan anak Cerebral Palsy, dan untuk mendeskripsikan bagaimana posisi anak Cerebral Palsy dalam peristiwa komunikasi dalam keluarga besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada enam orang informan yaitu enam ibu yang memiliki anak Cerebral Palsy tipe spastik quadriplegia dan spastik paraplegia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keenam informan memiliki makna yang berbeda terhadap anak Cerebral Palsy. Informan dalam penelitian ini memaknai anak Cerebral Palsy sebagai anak yang istimewa, anak Cerebral Palsy sebagai anugerah dan titipan istimewa yang diberikan Tuhan, serta anak Cerebral Palsy membawa ibu menuju perubahan ke arah yang positif. Cara ibu untuk mengatasi kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak Cerebral Palsy yaitu dengan memperhatikan setiap bahasa nonverbal yang ditunjukan anak kepada ibu. Dengan adanya keterbatasan yang dimiliki anak Cerebral Palsy, lima dari enam anak Cerebral Palsy yang menjadi informan dalam penelitian ini mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa verbal, sedangkan satu dari enam anak dalam penelitian ini hanya bisa menggunakan bahasa nonverbal untuk berkomunikasi. Anak tidak hanya berkomunkasi dengan ibu, tetapi anak juga harus berkomunkasi dengan keluarga besarnya, begitupula dengan anak Cerebral Palsy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lima dari enam orang anak Cerebral Palsy mampu berinteraksi dan menjadi anak yang aktif ketika dilibatkan dalam peristiwa komunikasi dalam keluarga, sedangkan satu dari enam orang anak Cerebral Palsy menjadi pasif dan pemalu ketika dilibatkan dalam peristiwa komunikasi dalam keluarga.
    Kata Kunci : Pengalaman, Ibu, Anak Cerebral Palsy.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi