Skripsi
Pengalaman Komunikasi Ibudalam Membimbing Anak Cerebral Palsy: Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy
ABSTRAK
Asri Puaidah. 210110150071. 2019. Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy (Studi Fenomenologi Tentang ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1E0118 616.83 ASR p Perpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 616.83 ASR pPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2019 Deskripsi Fisik vii, 88 hlm. : Ilus. ; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 616.83 ASR pTipe Isi textTipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
ABSTRAK
Asri Puaidah. 210110150071. 2019. Pengalaman Komunikasi Ibu Dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy (Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Komunikasi Ibu dalam Membimbing Anak Cerebral Palsy). Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Extd. Selaku dosen Pembimbing utama dan Racmaniar, S.Sos., M.Ikom. Selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Anak Cerebral Palsy merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus. Tidak semua ibu memiliki anak berkebutuhan khusus termasuk anak Cerebral Palsy. Hanya ibu-ibu yang kuat dan berhati besar serta sabar yang dapat membimbing anak-anak Cerebral Palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ibu memaknai anak penyandang Cerebral Palsy, untuk memahami cara ibu mengatasi kesulitan berkomunkasi dengan anak Cerebral Palsy, dan untuk mendeskripsikan bagaimana posisi anak Cerebral Palsy dalam peristiwa komunikasi dalam keluarga besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada enam orang informan yaitu enam ibu yang memiliki anak Cerebral Palsy tipe spastik quadriplegia dan spastik paraplegia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keenam informan memiliki makna yang berbeda terhadap anak Cerebral Palsy. Informan dalam penelitian ini memaknai anak Cerebral Palsy sebagai anak yang istimewa, anak Cerebral Palsy sebagai anugerah dan titipan istimewa yang diberikan Tuhan, serta anak Cerebral Palsy membawa ibu menuju perubahan ke arah yang positif. Cara ibu untuk mengatasi kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak Cerebral Palsy yaitu dengan memperhatikan setiap bahasa nonverbal yang ditunjukan anak kepada ibu. Dengan adanya keterbatasan yang dimiliki anak Cerebral Palsy, lima dari enam anak Cerebral Palsy yang menjadi informan dalam penelitian ini mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa verbal, sedangkan satu dari enam anak dalam penelitian ini hanya bisa menggunakan bahasa nonverbal untuk berkomunikasi. Anak tidak hanya berkomunkasi dengan ibu, tetapi anak juga harus berkomunkasi dengan keluarga besarnya, begitupula dengan anak Cerebral Palsy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lima dari enam orang anak Cerebral Palsy mampu berinteraksi dan menjadi anak yang aktif ketika dilibatkan dalam peristiwa komunikasi dalam keluarga, sedangkan satu dari enam orang anak Cerebral Palsy menjadi pasif dan pemalu ketika dilibatkan dalam peristiwa komunikasi dalam keluarga.
Kata Kunci : Pengalaman, Ibu, Anak Cerebral Palsy.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.