Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

MAKNA MEME #SAVETIANGLISTRIK SETYA NOVANTO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER


ABSTRAK


Delaneira Tirta Dewi, 210110140080, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1C 0905006. 754 07 Dew mPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    006. 754 07 Dew m
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi + 191 hlm;ilus; 21 x 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    006. 754 07 Dew m
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK


    Delaneira Tirta Dewi, 210110140080, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Makna Meme #SaveTiangListrik Setya Novanto pada Media Sosial Twitter” dengan pembimbing utama Dr. Antar Venus, MA. Comm. dan pembimbing pendamping Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkandung dalam meme #SaveTiangListrik Setya Novanto di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat makna denotasi berupa kumpulan meme #SaveTiangListrik tentang Setya Novanto yang mengalami kecelakaan menabrak tiang listrik dan kasus korupsi e-KTP yang membuat ia harus berurusan dengan hukum dan KPK. Makna konotasinya adalah sikap berani masyarakat untuk mengkritik Setya Novanto yang menyalahgunakan kekuasaannya dengan melakukan korupsi. Masyarakat juga ingin menunjukkan bahwa mereka tidak mudah dibodohi oleh kasus Setya Novanto yang mereka anggap sebagai rekayasa. Makna mitosnya, pejabat adalah orang yang kebal hukum karena terlihat dari beberapa kasus yang menjerat Setya Novanto, tapi ia tak pernah sekalipun dijadikan tersangka. Mitos lain yang muncul adalah, hukum Indonesia yang tajam ke bawah tumpul ke atas. Selain itu, kasus ini menujukkan bahwa masih perlunya perbaikan dan perhatian khusus mengenai penegakkan hukum, dan pemberantasan korupsi di Indonesia.
    Kata kunci: Semiotika, Meme, Setya Novanto






  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi