Skripsi
Pengaruh Contextual Age dan Narsisme Terhadap Penggunaan Tik Tok Peserta Kompetisi Challenge #TikTokMubarak
ABSTRAK
Noor Dina Camelia (210110150080). 2019. Progam Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1E 0121 650. 110 7 Cam p Perpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Sirkulasi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 650. 110 7 Cam pPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2019 Deskripsi Fisik xiv + 167 hlm;ilus; 21 x 30 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 650. 110 7 Cam pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
ABSTRAK
Noor Dina Camelia (210110150080). 2019. Progam Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Contextual Age dan Narsisme terhadap Penggunaan Tik Tok Peserta Kompetisi Challenge #TikTokMubarak”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nindi Aristi, S.Sos., M.Comn sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Preciosa Alnashava J, S.I.Kom., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing Pendamping, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh faktor psikologis sosial (contextual age) dan narsisme pengguna Tiktok terhadap pola penggunaan Tik Tok, dengan menggunakan landasan teori uses and gratification yang diperkenalkan oleh Elihu Katz, Jay G. Blumler dan Michael Gurevitch (1940).
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket/kuesioner dalam pengumpulan data. Sampel penelitian diambil dari peserta kompetisi challenge #TiktokMubarak di instagram yang ditarik menggunakan teknik simple random sampling. Adapun besar sampel penelitian ini adalah sebanyak 170 responden. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis jalur dengan rumus uji t-test dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel contextual age memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dengan motif penggunaan media dan penggunaan media. Sedangkan, variabel narsisme tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motif penggunaan media, namun berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan contextual age dan narsisme berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan media melalui motif penggunaan media. Semakin tinggi contextual age dan narsisme pengguna Tik Tok maka semakin tinggi pula penggunaan Tik Tok. Namun, faktor psikologis sosial (contextual age) dan narsisme memberikan pengaruh yang tidak terlalu besar terhadap penggunaan Tik Tok oleh pengguna aktif Tik Tok yang mengikuti kompetisi challenge #TikTokMubarak.
Kata Kunci : Contextual Age, Narsisme, Penggunaan Media Sosial, Tik Tok
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.