Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pengaruh Contextual Age dan Narsisme Terhadap Penggunaan Tik Tok Peserta Kompetisi Challenge #TikTokMubarak


ABSTRAK

Noor Dina Camelia (210110150080). 2019. Progam Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0121650. 110 7 Cam pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Sirkulasi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    650. 110 7 Cam p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv + 167 hlm;ilus; 21 x 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    650. 110 7 Cam p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Noor Dina Camelia (210110150080). 2019. Progam Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Contextual Age dan Narsisme terhadap Penggunaan Tik Tok Peserta Kompetisi Challenge #TikTokMubarak”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nindi Aristi, S.Sos., M.Comn sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Preciosa Alnashava J, S.I.Kom., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing Pendamping, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

    Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh faktor psikologis sosial (contextual age) dan narsisme pengguna Tiktok terhadap pola penggunaan Tik Tok, dengan menggunakan landasan teori uses and gratification yang diperkenalkan oleh Elihu Katz, Jay G. Blumler dan Michael Gurevitch (1940).

    Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket/kuesioner dalam pengumpulan data. Sampel penelitian diambil dari peserta kompetisi challenge #TiktokMubarak di instagram yang ditarik menggunakan teknik simple random sampling. Adapun besar sampel penelitian ini adalah sebanyak 170 responden. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis jalur dengan rumus uji t-test dan uji F.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel contextual age memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dengan motif penggunaan media dan penggunaan media. Sedangkan, variabel narsisme tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motif penggunaan media, namun berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan contextual age dan narsisme berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan media melalui motif penggunaan media. Semakin tinggi contextual age dan narsisme pengguna Tik Tok maka semakin tinggi pula penggunaan Tik Tok. Namun, faktor psikologis sosial (contextual age) dan narsisme memberikan pengaruh yang tidak terlalu besar terhadap penggunaan Tik Tok oleh pengguna aktif Tik Tok yang mengikuti kompetisi challenge #TikTokMubarak.

    Kata Kunci : Contextual Age, Narsisme, Penggunaan Media Sosial, Tik Tok



  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi