Detail Cantuman

Image of Strategi Program “Kakak Baca”Sebagai Upaya Dalam Membentuk Kebiasaan Membaca Anak : Studi Kasus Strategi Program “Kakak Baca”Oleh Komunitas Jendela Jakarta Sebagai Upaya Dalam Membentuk Kebiasaan Membaca Anak-Anak Di Kawasan Manggarai Utara Jakarta

Skripsi  

Strategi Program “Kakak Baca”Sebagai Upaya Dalam Membentuk Kebiasaan Membaca Anak : Studi Kasus Strategi Program “Kakak Baca”Oleh Komunitas Jendela Jakarta Sebagai Upaya Dalam Membentuk Kebiasaan Membaca Anak-Anak Di Kawasan Manggarai Utara Jakarta


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program Kakak Baca oleh Komunitas Jendela Jakarta sebagai upaya dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1D1407K1D1407 028.55 NOV sPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    K1D1407 028.55 NOV s
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 146 hlm. : Ilu. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    028.55
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program Kakak Baca oleh Komunitas Jendela Jakarta sebagai upaya dalam membentuk kebiasaan membaca anak-anak di kawasan Manggarai Utara Jakarta, meliputi strategi perencanaan, strategi pengorganisasian, strategi implementasi, strategi pengendalian, strategi evaluasi, serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data,display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bawa program Kakak Baca yang digagas oleh Komunitas Jendela Jakarta sangat dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan membaca anak-anak karena pembelajaran membaca yang diajarkan sesuai dengan kebutuhananak-anak. Namun hal ini masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya pengajar tidak selalu hadir di setiap kegaitanprogram Kakak Baca, anggota Komunitas Jendela Jakarta hanya bisa memantau anak-anak saat weekend, motivasi membaca anak-anaksering terganggu karena lingkungan tidak kondusif, serta masyarakat setempat tidakikut andil di kegiatan program Kakak Baca.Kata Kunci: Strategi program Kakak Baca, upaya membentuk kebiasaan membaca, kebiasaan membaca anak
    iiABSTRACTThis research is intended to know the strategy of Kaka Baca program by Komunitas Jendela Jakarta for the effort in shaping the reading habit for children in Manggarai Utara Jakarta area, including the planning strategy, organizing strategy, implementation strategy, assesing strategy, evaluation strategy, and supporting and barrier factors. The method is used in this research is qualitativewith case study approach. The collecting technique is taken through observation, interview, and documentation. Analayzing technique uses Milesand Huberman that consist of reduction data, displaying data, and verification. The outcome of this research shows that program of Kaka Baca that is initiated by Komunitas Jendela Jakarta is necessary to shape the children’s reading habit because the reading study that is taught is appropriate. On the other hand this program still needs improvement on many aspects such as the lack of tutors’ presence, the monitoring limit from the tutors, unconducive learning environment, and the uncare neighborhood towardthis learning program.Keywords: Strategy of Kaka Baca program,effort in shaping the reading habit, reading habitfor children
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi