Detail Cantuman

Image of Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa Perguruan Darul Hikam Bandung

Skripsi  

Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa Perguruan Darul Hikam Bandung


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi informasi siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Darul ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1D1417K1D1417 371.007 GHE aPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    K1D1417 371.007 GHE a
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    viii, 101 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    371.007
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi informasi siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Darul Hikam Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kajian model yang digunakan dalam penelitian ini adalah standar-standar literasi informasi menurut AASL, yang terdiri dari 1) standar literasi informasi, yakni tahap mengaksesmasalah, mengoreksiinformasi, menggunakan informasi, 2) standar pembelajaran mandiri; yakni: mampu mengejar informasiberdasarkan ketertarikan pribadi, mampu mengapresiasi karya sastra dan ekspresi informasi kreatif lainnya, dan mampu berusaha untuk sempurna dalam pencarian informasi dan generasi berpengetahuan, 3) standar tanggung jawab sosial yakni: mampu menyadari pentingnya informasi bagi masyarakat demokratis, mampu mempelajari perilaku etis yang berkaitan menuju informasi dan teknologi informasi, serta mampu berpartisipasi secara efektif di dalam kelompok untuk mencapai dan menghasilkan informasi. Teknik pengumpulandata yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di Perguruan Darul Hikam sudah literate informasi, terlihat dari cara mengakses informasi yang sudah dilakukan secara efisien dan efektif. Standar literasi informasi siswa Perguruan Darul Hikam dalam kemandirian pembelajaran sudah dapat dikatakan baik, karena banyak pelajaran yang menuntut kemandirian belajar dapat dilakukan dengan baik oleh para siswa tersebut. Namun hal itu tetap harus dipimpin dan dibimbing oleh para guru. Sedangkan dalam hal tanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya, para siswa Perguruan Darul Hikam sudah menunjukkan adanya tanggung jawab, yaitu dengan selalu mengikuti disiplin sekolah dalam hal pembatasan penggunaan perangkat teknologi informasi seperti gadget. Para siswa pun dengan kritis dan penuh tanggung jawab selalu siap menyaring apa yang terjadi pada internet. Mereka bahkan dapat membuat pengetahuan dan informasi yang baru melalui percobaan-percobaan mereka.Kata kunci: Literasi, Literasi Informasi, SMP.
    ABSTRACTThis study aims to analyze the ability of information literacy students of Junior High School Darul Hikam Bandung. The research method used is qualitative with case study approach. The study model used in this study is the information literacy standard according to AASL, which consists of 1) information literacy standard, ie the stage of accessing the problem, correcting information, using information, 2) independent learning standards; namely: able to pursue information based on personal interest, able to appreciate the works of literature and the expression of other creative information, and able to strive to perfect in the searchfor information and knowledge generation, 3) sosiall responsibility standards that is: able to realize the importance of information for democratic society, able to learn the behavior ethically related to information and information technology, and able to participate effectively in groups to achieve and produce information. Data collection techniques conducted through observation, interviews, and literature study. Sampling technique using purposive sampling technique. The results showed that students in the college Darul Hikam already literate information, visible from how to access information that has been done efficiently and effectively. Student information literacy standard Darul Hikam university in the independence of learning can be said to be good,because many lessons that demand learning independence can be done well by the students. But it still must be led and guided by the teachers. While in terms of responsibility to the social environment, the students of Darul Hikam College have shown the responsibility, that is by always following the school discipline in terms of restrictions on the use of information technology devices such as gadgets. Students are also critical and full of responsibility always ready to filter what happens on the internet. They can even create new knowledge and information through their experiments.Keywords: Literacy, Information Literacy, SMP.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi