Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kualitas Layanan Informasi Koleksi Museum Pos Indonesia Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengunjung


ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang Kualitas Layanan Informasi Koleksi Museum Pos Indonesia dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    KID 1412069.5 07 KOM kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Sirkulasi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    069.5 07 KOM k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv; 210 hlm; 21 x 15 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    069.5 07 KOM k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    cet,1
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang Kualitas Layanan Informasi Koleksi Museum Pos Indonesia dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengunjung. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi dan harapan pengunjung terhadap kualitas layanan dalam memenuhi kebutuhan informasi pengunjung dari aspek bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Metode yang digunakan adalah survey. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Populasi penelitian ini adalah pengunjung museum Pos Indonesia pada Bulan Februari 2018yang berjumlah 5151 orang, teknik sampling yang digunakan adalah accidental samplingdengan menyebarkan kuesioner kepada 99 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah model perhitungan ServQual yang mengukur kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan pengunjung terhadap kualitas layanan museum dalam memenuhi kebutuhan informasi pengunjung. Hasil penelitian menunjukkankualitas layanan secara umum dari lima dimensi kualitas layanan berdasarkan skor ServQual menghasilkan kategori negatif yaitudimensi bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), dan daya tanggap (responsiveness) yang artinya skor persepsi lebih kecil dari skor harapan dan dapat dikatakan pengunjung tidak puas terhadap kualitas layanan dalam memenuhi kebutuhan informasi, sedangkan untuk dimensi jaminan (assurance) dan empati (empathy) menghasilkan kategori positif yang artinya skor persepsi lebih besar dari skor harapan atau dapat dikatakan pengunjung sangat puas terhadap kualitas layananyang diberikandalam memenuhi kebutuhan informasi pengunjung di Museum Pos Indonesia. Kata kunci: Kualitas layanan informasi, ServQual, Pemenuhan Kebutuhan informasi pengunjung
    iiABSTRACTThis research describe the Quality of Information Services Collection Museum Pos Indonesia in fulfillment the needs of visitor information. Purpose of this research is to know perception and expectation of visitor to service quality in fulfilling visitor information requirement from tangibles, reliability, responsiveness, assurance,and empathy. The method was usedsurvey. Data collections werequestionnaires, interviews, and literature study. Population of this research werevisitor of Pos Indonesia museum in February 2018which amounted to 5151 people, the sampling technique was used accidental sampling by distributing questionnaires to 99 respondents. Analysis technique was usedthe ServQual calculation model that measures the gap between perception and visitor expectation on the quality of the museum service in meeting the needs of visitor information. The results of the research shows the general service quality of the five dimensions of service quality based on ServQual score resulted negative category that is physical tangibles, reliability, and responsiveness which means that perception score is smaller than expectation score and can be said visitor not satisfied with the quality of services in meeting the information needs, while for the dimensions of assurance (assurance) and empathy (empathy) produce a positive category which means the perception score greater than the expectation score or can be said visitors are very satisfied with the quality of services provided inmeeting the needs of visitor information at Museum Pos Indonesia.Keywords: Quality of information service, ServQual, Fulfillment needs of visitor information
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi