Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

PENGALAMAN ANAK DARI ORANG TUA BEDA AGAMA


ABSTRAK

Rendie Rifa Fauzie. 210110150004. 2019. Pengalaman Anak Dari Orang Tua Beda Agama. Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M.Si selaku ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0124297. 577 07 Fau pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    297. 577 07 Fau p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii + 132 hlm;ilus 21 x 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    297. 577 07 Fau p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Rendie Rifa Fauzie. 210110150004. 2019. Pengalaman Anak Dari Orang Tua Beda Agama. Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M.Si selaku Pembimbing Utama dan Benazir Bona Pratamawaty, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Pembimbing Pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Penelitiaan Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, menggunakan teori interaksi simbolik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengalaman anak terkait perbedaan agama kedua orang tua, 2) makna toleransi dan makna diri, 3) motif anak dalam memilih agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tradisi fenomenologi dengan pengumpulan data wawancara mendalam kepada tujuh informan dari orang tua beda agama (Islam-Katholik/Protestan).

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengalaman anak terkait perbedaan agama orang tua dilihat dari empat aspek terkait a) ajaran agama, 3 dari 7 informan mendapat satu ajaran, sedangkan 4 dari 7 mendapat dua ajaran agama; b) Interaksi terkait agama dilihat dari pola pengasuhan terbagi menjadi pola pengasuhan demokratis dan pola pengasuhan campuran (demokratis & otoriter) ; c) dalam romantisme memilih pasangan 5 dari 7 informan menjadikan agama sebagai kriteria memilih pasangan, 2 dari 7 informan tidak menjadikan agama sebagai kriteria memilih pasangan; d) dalam menjalin pertemanan terdapat dua informan yang mengalami bullying. 2) makna toleransi yang dikonstruksikan oleh ketujuh informan sebagai anak dari orang tua beda agama adalah sikap menerima dan menghargai perbedaan, berempati dan tidak memaksakan kehendak pada orang lain. Makna diri bagi mereka adalah merasa berbeda, iri, tidak merasa berbeda (biasa saja), bingung, anak beruntung, dan kaget. 3) motif anak dari orang tua beda agama dalam memilih agama karena kemauan sendiri, diarahkan, hasil pencarian dan pembelajaran terhadap kedua ajaran agama, merasa bawaan sejak lahir dan mendapatkan hidayah. Dalam penelitian ini pengalaman anak dari orang tua beda agama menjadi preferensi motif memilih agama dan mengontruksi makna toleransi.


    Kata Kunci : Pengalaman, Beda Agama, Makna, Motif Memilih Agama, Toleransi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi