Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Perencanaan Sosialisasi DPD RI Dalam Rangka Membangun Image Di Kalangan Remaja


ABSTRAKDPD RI merupakan sebuah lembaga tinggi negara yang dihasilkan dari gerakan reformasi Indonesia pada tahun 1998 yang berimbas kepada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1B 1739303.332.8 Haz pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah Humas)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    303.332.8 Haz p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 110 hlm.:ilus.; 21 x 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    303.332.8 Haz p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAKDPD RI merupakan sebuah lembaga tinggi negara yang dihasilkan dari gerakan reformasi Indonesia pada tahun 1998 yang berimbas kepada amandamen UUD 1945 dimana dalam amandemen tersebut DPD RI harus dibentuk sebagai amanat dari reformasi. namun kehadiran lembaga DPD RI sangat minim difahami oleh masyarakat, baik menyangkut tugas pokok, fungsi, dan kewenangannya. Bahkan sebagaian besar masyarakat tidak mengetahui apa manfaat lembaga ini bagi mereka.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat masih bingung membedakan antara Lembaga DPR dan Lembaga DPD, danberanggapan bahwa mungkin DPD dan DPR memiliki tugas dan fungsi yang sama. Dari sudut pandang strategi public relations seharusnya sebagai lembaga tinggi Negara juga DPD RI semestinya cukupdikenali oleh masyarakat, sehingga dapat menyerap lebih banyak partisipasi masyarakat sebagai lembaga Negara yang memang mempunyai tugas untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam pembangunan nasional.Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui bagaimana proses strategi sosialisasi DPD RI menggunakan akun media sosial Instagram DPD RI dalam rangka membangun image di tengah masyarakat yang terdiri dari proses penyampaian pesan (share), proses perencanaan optimalisasi (optimize), proses pengelolaan (manage), dan proses engagement pada akun media sosial Instagram DPD RI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sifat data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan.Metode SOME, yaitushare, optimize, manage dan optimizationdilaksnakan dalam penelitian ini. Dalam fase proses pertama, share, dilakukan bertujuan untuk mengingkatkanawareness dan membangun image terhadap Lembaga DPD RI diluar jalur konvensional, yaitu Instagram DPR RI. Dalam fase proses kedua, optimize, kesinambungan diantara konten dan deskripsi konten memiliki perenan penting pengoptimilisasikan media sosial DPD RI agar pesan sampai dan dimengerti sepenuhnya. Dalam fase proses ketiga, manage, merankap interaksi real time dan hasil evaluasi dari respons audiens untuk pengelolaan konten dan akun berikutnya. Lalu fase terakhir, engagement, bertujuan untuk berinteraksi dengan audiens melalui trivia dan kompetisi.Simpulandari penelitian ini menunjukkan bahwa DPD RI,dalam melakukan proses sosialisasinya, dapat dibilang masih mampuditingkatkan hinggameraihpencapaian target yang lebihmaksimal. Metoden SOMEdalam penelitian inimenunjukkan bahwa DPD RIdapat mengkaji dan mengklasifikasi lebihlanjutterhadap target audiens sehingga fase satu, share, menjangkau target utama. Peranan social media strategistmerupakan sala satu kunci tercapai nya optimize di akun sosialmediaDPD RI.Komponen manage, yaitu pengelolaan, monitoring evaluasi menghasilkan tolak ukur yang akurat dari keefektivan konten yang telah di publikasikan kepada para viewers-nya.Pemilihan momentum yang tepat adalah factor kesuskesan metode engagement untuk mencapai feedback yang telah di targetkan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi