Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Tahapan Proses Perencanaan Public Relations pada Program XL Future Leaders oleh PT. XL Axiata, Tbk


ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi fenomena rendahnya engagementpara peserta program XL Future Leaders yang disebabkanoleh perencanaan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    KIB 1680659.285 07 ARR tMy Library (Rak Sirkulasi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    659.285 07 ARR t
    Penerbit Fikom - Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi; 138 hal; 21 x 29.5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    659.285 07 ARR t
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    cet,1
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi fenomena rendahnya engagementpara peserta program XL Future Leaders yang disebabkanoleh perencanaan yang kurang matang pada tahapananalisis situasi serta penyusunan strategi dan taktik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan program XL Future Leaders. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan in-depth interview, observasi, dan studi pustaka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesperencanaan program XL Future Leaders olehCorporate CommunicationXL Axiata meliputi tahapan: (1) Analisis situasi dengan menggunakan mix method; (2) Penetapan tujuan denganmelakukan riset sekunder; (3) Penetapan publikdenganmempertimbangkan publik yang akan terpengaruh kebijakan program;penyajian pesandengan mengidentifikasi isu terbaru dan mengemasnya menjadi pesan yang mencakup informasi seluruh aktivitas program; dan pemilihan mediadenganmengukur efektivitas media dan awarenessspublik, menggunakandatabase, serta menggunakan para peserta sebagai komunikator roadshow; (4) Penyusunan strategi dan taktikdenganmenyusun strategi berdasarkan hasilanalisis situasi dan problem statement, menyeleksi publik dan memilih media, menetapkan pesan yang kuat, menyusuntaktik yang dapat menjangkau publik, serta menyusun perencanaan kontinjensi;(5) Penetapan skala waktudenganmenetapkan metode pembelajarandan skala waktu sub program; dan penetapan sumber dayadenganmengelompokkan sumber dayamanusia dan biaya operasional;(6) Evaluasidenganmengukur key performance indicator, indeks reputasi dan persepsi, nilai media, dan Public Relations. Simpulan penelitian yaitu proses perencanaan program XL Future Leaders meliputitahapananalisis situasi, penetapan tujuan, penetapan publik, penyajian pesan, pemilihan media, penyusunan strategi dan taktik, penetapan skala waktu dan sumber daya, serta evaluasi.Kata Kunci: Perencanaan,Public Relations, XL Future Leaders.
    ABSTRACTThe background of theresearch is the phenomenon of the low engagement of participants of XL Future Leaders program caused by inadequate planning at the stage of situation analysis and strategies and tactics preparation. This study aims to identify the planning process ofXL Future Leaders program. The research useddescriptive method with data collection techniques using in-depth interviews, observations, and literature studies..The results of the study indicate that the planning process of XL Future Leaders program by XL Axiata Corporate Communication includes the following stages: (1) Situation analysis by using the mix method; (2) Determination of objectives by conducting secondary research; (3) Determination of the public by considering the public who will be affected by program policies; presenting messages by identifying the latest issues and packaging them into messages that include information on all program activities; and media selection by measuring the effectiveness of the media and public awareness, using databases, and using participants as roadshow communicators; (4) Preparation of strategies and tactics by developing strategies based on the results of situation analysis and problem statements, selecting the public and selecting media, establishing strong messages, drawing up tactics that are able to reach the public, and preparing contingency planning; (5) Determining the time scale by determining the learning method and the time scale ofthe sub-program; and determination of resources by classifying human resources and operational costs; (6) Evaluation by measuring key performance indicators, reputation indexes and perceptions, media values, and Public Relations.The conclusions of the study are that the planning process of XL Future Leaders program includes the stages of situation analysis, goal setting, public determination, message presentation, media selection, strategy and tactics preparation, time and resource scale determination, and evaluation.Keywords: Planning, Public Relations, XL Future Leaders.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi