Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Manajemen Produk Media Kompas.com untuk Bersaing di Era Generasi Milenial


ABSTRAK

LISAVIRANDA, 210110140050, 2014. Manajemen Produk Media Kompas.comuntuk Bersaing di Era Generasi Milenial. Studi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    KIA 0911004.678 07 VIR mPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Sirkulasi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    004.678 07 VIR m
    Penerbit Fikom - Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    viii; 283 hal; 21 x 29.5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    004.678 07 VIR m
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    cet,1
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    LISAVIRANDA, 210110140050, 2014. Manajemen Produk Media Kompas.comuntuk Bersaing di Era Generasi Milenial. Studi Kasus Eksplanatoris Robert K. Yin pada manajemen produk media Kompas.comuntuk bersaing di era generasi milenial. Pembimbing Utama Dr. Dadang Rahmat, S.Sos., S.H., M.Si.,dan Pembimbing Pendamping Pandan Yudhapramesti, S.Sos., MT. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajemen produk media Kompas.comditinjau dari proses kerja redaksi, Kanvas Model BisnisKompas.com, Konsep Manajemen Redaksi Conrad C. Fink, Konsep Elemen Model Bisnis Bernd W. Wirtz, dan Konsep Manajemen Produk Media Angel Arrese Reca. Untuk menguraikannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatoris model Prof. Dr. Robert K. Yin. Dalam keberlangsungannya, bagian redaksi Kompas.commenganut Popular-High Quality Journalism. Sementara itu, bagian pemasaran Kompas.commemberlakukan kerangka model bisnis konsumen-sentris. Dengan berjalan sesuai fungsi dan tujuan masing-masing di mana bagian redaksi berperan dalam pengolahan konten, sedangkan bagian pemasaran berfungsi untuk memberi nilai tambah pada produk yang dihasilkan sehingga mampu memperoleh laba, maka Kompas.comdapat menghasilkan produk media yang berkualitas dan kompetitifdi era generasi milenial.Simpulan penelitian ini adalah kemampuan adaptasi Kompas.comterhadap karakteristik milenial dalam mengakses informasi dilatarbelakangi oleh manajemen produk media yang baikdengan terciptanya sinergi antara pemilihan format, kualitas, harga, dan pengaruh konten.Manajemen produk media yang baik didukung oleh adanya kerja sama antara bagian redaksi dan pemasaran.Peneliti menyarankan agar Kompas.commemperhatikan konsistensi medianya terutama dalam aktivitas keredaksian, seperti penggunaan gaya bahasa dalam berita, performa media sosial kanal, dan performa kanal tertentu. Langkah dasar yang harus diambil untuk menjaga konsistensi media adalah dengan menyamakan persepsi dan pola pikir seluruh awak redaksi. Konsistensi penting untuk dijaga guna mempertahankan kepercayaan pembaca.Kata Kunci:Kompas.com, Milenial, Manajemen Produk Media, Model Bisnis, Redaksi

    ABSTRACT
    LISA VIRANDA, 210110140050, 2014. Management of Kompas.com’s Media Product to Compete in The Era of Millenial Generation. Eksplanatory case studies about management of Kompas.com’s Media Product to compete in the era of millenial generation. The main supervisor is Dr. Dadang Rahmat, S.Sos., S.H., M.Si., and the second supervisor is Pandan Yudhapramesti, S.Sos., MT.Departement of Journalism Studies, Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.This research aims to find out the ability of Kompas.com’s Media Product Management that observed by editorial’s working process, Canvas Business Model of Kompas.com, Editorial Management Concept of Conrad C. Fink, Business Model Element Concept of Bernd W. Wirtz, and Media Product Management Concept of Angel Arrese Reca. This research used the qualitative research method and case study Prof. Dr. Robert K. Yi approachment to elaborated the case. In its continuity, Kompas.com editorial division adheres Popular-High Quality Journalism. Meanwhile, the marketing division of Kompas.com imposed a consumer-centric business model framework. By running according to their respective functions and objectives where the editorial part plays a role in contentprocessing, while the marketing section serves to provide added value to the products produced so as to be able to earn profits, then Kompas.com can produce quality and competitive media products in the era of millennialgeneration.The conclusions of this study are Kompas.com's adaptability to millennial characteristics in accessing information due to the good management of media products by creating synergies between format selection, quality, price and influence of content. Good media product management is supported by the cooperation between editor and marketing.Researcher suggests that Kompas.com must pay attention to the consistency of the media especially in editorial activities, such as the use of language styles in news, channel social media performance, and certain channel performance. The basic step that must be taken to maintain media consistency is to equate the perception and mindset of the entire editorial crew. Consistency is important to be maintained in order to maintain reader confidence.Keyword: Kompas.com, Millenial, Media Product Management, Business Model, Editorial
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi