Skripsi
IMPLEMENTASI INFORMATION STRATEGY PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI JAWA BARAT DALAM PENINGKATAN SINERGITAS KINERJA ELEKTRIFIKASI
Abstrak
Badan Usaha Milik Negara atau BUMN merupakan badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara. Pemerintah bagi BUMN ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1B 1783 651.565.831 Isa i Perpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Humas) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 651.565.831 Isa iPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2020 Deskripsi Fisik xiv, 239 hlm.;ilus'; 21x30 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 651.565.831 Isa iTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
Abstrak
Badan Usaha Milik Negara atau BUMN merupakan badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara. Pemerintah bagi BUMN bahkan sebagai pemegang saham. Hubungan baik dengan para stakeholders khususnya pemerintah perlu diciptakan, karena pemerintah memiliki peranan penting baik sebagai pengatur kebijakan, dan konsumen bagi perusahaan, Untuk memaksimalkan komunikasi antara perusahaan dengan pemerintahan tentu harus didukung dengan strategi komunikasi yang mumpuni dari perusahaan. Perencanaan strategi yang baik merupakan salah satu tolak ukur penentu berhasil atau tidaknya komunikasi efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tahap pelaksanaan dari information strategy, yakni Lobbying, Direct Communication, dan Expert Witness Testimony PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat. Strategi ini merupakan salah satu kegiatan manajemen stakeholder yakni untuk membina hubungan dengan pemerintahan. Konsep yang digunakan Information Strategy dari Strategi Politik Perusahaan menurut Hillman dan Hitt. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan paradigma Post-positivisme. Teknik penentuan key informant yang digunakan untuk penelitian ini adalah Purposive Sampling.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan proses pelaksanaan lobi dari strategi telah dilakukan dengan baik dan mengacu pada konsep, meski terdapat kendala pada salah satu hubungan dengan pemerintah karena kesimpangsiuran regulasi, dengan adanya kendala tersebut, pelaksanaan lobi perlu dilakukan lebih rutin dan terstruktur sebagai pemecahan masalah. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan Lobbying, Direct Communications, dan Expert Witness Testimony dengan menggunakan konsep dari Hillman dan Hitt sudah dilakukan dengan cukup baik, untuk mempengaruhi pembuat kebijakan dalam, menciptakan suatu regulasi yang menguntungkan iklim bisnis perusahaan.
Kata kunci : Strategi politik perusahaan, Aktivitas Politik, Komunikasi Politik, Lobi negosiasi, Manajemen Stakeholder.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.