Skripsi
STRATEGI KOMUNIKASI PENANGANAN KELUHAN ADUAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM JABARQUICKRESPONSE
ABSTRAK
Faizal Andriansyah Irawan, 210510150074, 2020. “Strategi ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1C 0960 307.709 598 Wan s Perpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Mankom) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 307.709 598 Wan sPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2020 Deskripsi Fisik viii, 126 hlm.;ilus'; 21x30 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 307.709 598 Wan sTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
ABSTRAK
Faizal Andriansyah Irawan, 210510150074, 2020. “Strategi Komunikasi Penanganan Keluhan Masyarakat Melalui Program Jabarquickresponse”. Agus Setiaman, S.Sos.,M.I.Kom sebagai pembimbing utama dan Drs. Duddy Zein, M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Program Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa pemerintah Jawa Barat memilih Jabarquickresponse sebagai program kanal aduan masyarakat Jawa Barat serta bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Jabarquickresponse dalam mengubah sistem pemerintah juga masyarakat. Penelitian ini berdasarkan konsep strategi komunikasi dan juga manajemen yang dikembangkan oleh Harold Laswell dan George R. Terry sebagai panduan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa dalam melakukan strategi komunikasi, Jabarquickresponse sebagai kanal aduan mengkaji perencanaan, pengorganiasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jabarquickresponse pun melakukan analisis target penerima pesan yang dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat tercapai sesuai tujuan dan tepat sasaran. Dengan adanya feedback yang akan menghadirkan citra yang baik untuk pemerintah Jawa Barat.
Terakhir adanya harapan dari Jabarquickresponse untuk merubah budaya dan pola kerja atau prilaku masyarakat dan juga pemerintah, dengan Jabarquickresponse sebagai media dalam proses perubahan sistem. Untuk mewujudkan 3 hal tersebut agar tercapai Jabarquickresponse perlu mempunyai sumber daya yang memadai dari segi kualitas maupun kuantitas dan adanya keingin perubahan untuk menuju konsep smart city baik dari pemerintah maupun dari pihak masyarakat luas khususnya masyarakat Jawa Barat. Konsep dari Jabarquickresponse hadir sebagai harapan dan pemberi semangat kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dan sesuai dengan tujuan dari Bapak Gubernur Ridwan Kamil.
Kata kunci: Jabarquickresponse, Strategi Komunikasi, Kanal Aduan
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.