Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Hubungan antara Kredibilitas Jabar Saber Hoaks dengan Sikap Masyarakat terhadap Hoax


ABSTRAK
Nurul Ahmad Rizkiyana Agustin, NPM 210110160126, 2020, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0207070.095 98 Tin hPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Ilkom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    070.095 98 Tin h
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 85 hlm.;ilus'; 21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    070.095 98 Tin h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Nurul Ahmad Rizkiyana Agustin, NPM 210110160126, 2020, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Laporan Penelitian berjudul, “Hubungan antara Kredibilitas Jabar Saber Hoaks dengan Sikap Masyarakat terhadap Hoax”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext.Ed sebagai pembimbing utama dan Dr. Nindi Aristi, M.Comn. sebagai pembimbing pendamping.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor kredibilitas, yaitu persepsi mengenai keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik pemeriksa fakta Jabar Saber Hoaks berhubungan dengan sikap masyarakat terhadap hoax. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kredibilitas sumber oleh Carl Hovlan, Janis, dan Kelly. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional dengan uji statistik Pearson Correlation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada pengikut akun twitter @jabarsaberhoaks. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan total responden sebanyak 101 orang.

    Uji validitas menggunakan rumus pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara variabel-variabel kredibilitas pemeriksa fakta Jabar Saber Hoaks, yakni keahlian, keterpercayaan dan daya tarik, dengan sikap masyarakat terhadap hoax. Arah hubungan bernilai positif, sehingga kredibilitas pemeriksa fakta berhubungan dengan sikap kepada hoax dengan penjelasan bahwa semakin tinggi nilai kredibilitas pemeriksa fakta, maka semakin tinggi sikap peduli masyarakat terhadap hoax.



    Kata Kunci : Kredibilitas sumber, Jabar Saber Hoaks, pemeriksa fakta, sikap,
    hoax

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi