Detail Cantuman

Image of Implementasi Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri Ciparay Kabupaten Bandung)

Skripsi  

Implementasi Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri Ciparay Kabupaten Bandung)


Skripsi ini merupakan hasil penelitian penulis mengenai “Implementasi
Program Sertifikasi Guru Dalam Jabatan (Studi Pada Madrasah Aliyah ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 NIN 4/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 102,; 29,7 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 NIN 4/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skripsi ini merupakan hasil penelitian penulis mengenai “Implementasi
    Program Sertifikasi Guru Dalam Jabatan (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri
    Ciparay Kabupaten Bandung)”. Latar belakang penelitian ini adalah melihat salah
    satu upaya pemerintah untuk peningkatan mutu pendidikan. Lebih jauh penelitian
    ini melihat dampak dari adanya program sertifikasi guru terhadap profesionalitas
    guru MAN Ciparay dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Hal
    ini dilakukan untuk mengetahui implementasi program sertifikasi guru dalam
    jabatan guna meningkatkan profesionalisme guru serta secara khusus ingin
    melihat sejauh mana proses implementasi program sertifikasi guru madrasah yang
    dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bandung.
    Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi
    program menurut Charles O. Jones yang menyebutkan tiga aktivitas dasar yaitu
    organisasi, interpretasi, dan aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah
    kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi
    lapangan. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive yang
    difokuskan pada informan kunci, yakni aktor-aktor pelaksana dan target group
    program. Teknik analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan
    penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengujian keabsahan data mengunakan teknik
    triangulasi sumber dan metode.
    Implementasi program sertifikasi guru dalam jabatan di Madrasah Aliyah
    Negeri Ciparay yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bandung
    pada pelaksanaannya belum optimal karena masih terdapat beberapa kendala yang
    dihadapi. Dari aktivitas organisasi yang menjadi kendala adalah masih kurangnya
    sumber daya manusia dan sumber daya finansial yang tersedia. Dari interpretasi,
    para pelaksana program sudah memahami tujuan dan pedoman program akan
    tetapi dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya masih belum konsisten. Dari
    aplikasi, ditemukan pengawasan pada pelaksanaan program tidak berjalan, terlihat
    pada belum adanya laporan evaluasi untuk pelaksanaan program sertifikasi guru
    dalam jabatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga
    peneliti memberikan saran untuk implementasi sertifikasi guru dalam jabatan
    diimbangi dengan pemenuhan sumber dayanya baik dari sdm, finansial, maupun
    sarana prasana. Adapun untuk kegiatan pengawasan program seharusnya
    dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, dan dalam memberikan laporan
    pelaksanaan program harus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
    Kata Kunci : Implementasi Program, Sertifikasi Guru, Profesionalisme Guru
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi