Detail Cantuman

Image of Strategi Pemerintah Dalam Membangun Keamanan Terkait Illegal Fishing di ZEEI laut Cina Selatan

Skripsi  

Strategi Pemerintah Dalam Membangun Keamanan Terkait Illegal Fishing di ZEEI laut Cina Selatan


Penelitian ini berjudul “Strategi Pemerintah dalam Membangun Keamanan terkait Illegal Fishing di ZEEI Laut Cina Selatan” dengan sub-judul Studi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410100112320 PUT 45/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 PUT 45/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 PUT 45/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Strategi Pemerintah dalam Membangun Keamanan terkait Illegal Fishing di ZEEI Laut Cina Selatan” dengan sub-judul Studi pada Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013. Latar belakang penelitian ini adalah fenomena illegal fishing yang terjadi di ZEEI Laut Cina Selatan, dimana kawasan tersebut termasuk dalam tiga wilayah perairan yang paling rawan kegiatan illegal fishing. Dalam mengatasi illegal fishing, perlunya Pemerintah Pusat khususnya Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan merumuskan strategi agar terciptanya keamanan laut yang terbebas dari kegiatan illegal fishing.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data diperoleh berdasarkan studi pustaka, wawancara, dan studi dokumentasi. Penentuan informan didasarkan pada teknik purposive. Data-data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Direktorat Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan belum melakukan pengembangan dan penguatan kelembagaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di Natuna, peningkatan peran serta masyarakat (POKMASWAS) dalam melaksanakan pengawasan, dan peningkatan operasi kapal pengawas. Simpulan dari penelitian ini adalah Strategi Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan belum optimal dikarenakan belum sepenuhnya melaksanakan strategi tersebut. Sehingga, pencapaian hasil tidak optimal yang terlihat dari masih maraknya kegiatan illegal fishing di ZEEI Laut Cina Selatan pada tahun 2013.
    * Kata Kunci: Strategi, Pemerintah, Keamanan Laut, ZEEI Laut Cina Selatan, dan
    Illegal Fishing
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi