Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pengawasan Pengelolaan Program Dana Bergulir Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (PEMK) oleh Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) (Studi Kasus pada Koperasi Jasa Keuangan di Wilayah Jakarta Timur)


Skripsi ini berjudul “Pengawasan Pengelolaan Program Dana Bergulir Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (PEMK) Oleh Unit Pengelola Dana ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110110077351 GIS 3/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 GIS 3/2016
    Penerbit FISIP Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 GIS 3/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skripsi ini berjudul “Pengawasan Pengelolaan Program Dana Bergulir Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (PEMK) Oleh Unit Pengelola Dana Bergulir (Studi Kasus Pada Koperasi Jasa Keuangan di Wilayah Jakarta Timur)”. Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pengawasan yang dilakukan UPDB PEMK terhadap KJK PEMK di wilayah Jakarta Timur. Hal ini dapat dilihat dari adanya tunggakan angsuran pengembalian dana bergulir yang dilakukan oleh sebagian besar KJK PEMK di wilayah Jakarta Timur yang melebihi masa perjanjian kerja sama dengan UPDB PEMK dan berbagai macam tindakan penyalahgunaan dana bergulir. Identifikasi masalah yang penulis jawab kemudian adalah “Bagaimana Pengawasan Pengelolaan Program Dana Bergulir Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (PEMK) oleh Unit Pengelola Dana Bergulir (Studi Kasus Pada Koperasi Jasa Keuangan di Wilayah Jakarta Timur)?”. Penelitian ini menggunakan teori Ricky W. Griffin (2013) mengenai langkahlangkah pengawasan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumen. Penentuan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Pengawasan pengelolaan program dana bergulir pada KJK PEMK di wilayah Jakarta Timur belum berjalan secara efektif. Hal tersebut terjadi karena survey lapangan yang dilakukan oleh UPDB PEMK kepada KJK PEMK di wilayah Jakarta Timur ini belum dilakukan secara menyeluruh. Selain itu, pihak UPDB PEMK tidak melakukan peninjauan ulang kepada pemanfaat. Penyimpangan yang terjadi juga disebabkan karena tidak adanya standar pengawasan yang khusus yang dimiliki UPDB PEMK serta rasa toleransi yang besar pada penyimpangan yang dirasa ringan, seperti penunggakan angsuran dana bergulir. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah pihak UPDB PEMK perlu membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus mengenai pelaksanaan pengawasan Dana Bergulir, memperketat sanksi bagi KJK PEMK dan menerapkan jadwal survey lapangan kepada KJK PEMK secara rutin. Kata Kunci : Pengawasan, Dana Bergulir, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi