Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pelayanan Group Activity Therapy pada Orang Dengan Gangguan Skizofrenia Gejala Halusinasi (Studi Deskripsi di Rehabilitasi Mental Puri Prima Harapan)


Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai tahapan-tahapan dari proses pelaksanaan terapi aktivitas kelompok oleh Rehabilitasi Mental Prima ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310120062362 IFA 68/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 IFA 68/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 IFA 68/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai tahapan-tahapan dari proses pelaksanaan terapi aktivitas kelompok oleh Rehabilitasi Mental Prima Harapan pada orang dengan skizofrenia gejala halusinasi di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Permasalahan adanya gejala halusinasi pada skizofrenia seperti dapat melukai diri dan orang lain, beserta munculnya gejala lain pada skizofrenia memunculkan penanganan yang diberikan lembaga berupa pendekatan farmakologis dan sosial, yaitu melalui media kelompok. Proses pelaksanaan terapi yang diteliti melalui proses assessment, penyeleksian anggota dan pembentukan kelompok, perencanaan, pelaksanaan terapi, beserta evaluasi dan terminasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data seperti melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka serta studi dokumentasi, kemudian teknik pengolahan data dari pencatatan informasi, hasil reduksi data dari proses lapangan yang didapat, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pemilihan informan berdasarkan informan yang terlibat secara langsung dengan proses pelaksanaan terapi, maupun tidak secara langsung dari pihak lembaga. Jumlah informan berjumlah 7 orang, yaitu 3 orang dari tim terapis, 2 orang klien, 1 orang dari pembina lembaga, dan 1 orang psikiater. Hasil penelitian yang didapat dari Lembaga Prima Harapan sudah melakukan kegiatan layanan dalam menangani gejala halusinasi melalui pendekatan biopsikososial, namun perlu adanya kegiatan tambahan sebagai upaya meningkatkan efektivitas layanan pada klien skizofrenia. Kegiatan tersebut adalah kegiatan Pengadaan Case Record dan Case Management yang dilakukan pada sumber daya staf lembaga dalam memberikan layanan yang terencana seluruh klien. Kata kunci : gejala halusinasi, skizofrenia, terapi aktivitas kelompok, Rehabilitasi Mental Prima Harapan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi