Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pelayanan pada Anak Tunagrahita Berat oleh SLB Yayasan Perguruan Markus Tangerang (Studi Deskriptif pada Sekolah Luar Biasa)


Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan pelaksanaan pelayanan yang diselenggarakan oleh Sekolah Luar Biasa Yayasan Perguruan Markus Tangerang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310120025362 AND 75/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 AND 75/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 AND 75/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan pelaksanaan pelayanan yang diselenggarakan oleh Sekolah Luar Biasa Yayasan Perguruan Markus Tangerang kepada anak tunagrahita dengan derajat disabilitas berat. Adapun pelayanan yang dilihat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Activity of Daily Living dan pelatihan keterampilan, untuk pelatihan keterampilan yaitu menjahit dan musik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik penelitian studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi nonpartisipasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari: dua orang pengurus sekolah, dua orang guru, dua orang pelatih keterampilan, satu orang komite sekolah. Penentuan informan dilakukan dengan berdasarkan tujuan penelitian untuk menggali lebih dalam mengenai pelaksanaan pelayanan yang dilaksanakan oleh Sekolah Luar Biasa Yayasan Perguruan Markus Tangerang pada anak tunagrahita dengan derajat disabilitas berat. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelayanan di Sekolah Luar Biasa Yayasan Perguruan Markus Tangerang dalam bentuk: pertama, pendidikan sekolah luar biasa dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi belajar murid tunagrahita derajat disabilitas berat dengan derajat disabilitas berat yang bersifat fungsional melalui Activity of Daily Living (ADL). Kedua, pelatihan keterampilan yang disediakan, yaitu menjahit dan musik. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada murid untuk melatih sensor motorik dan keahlian yang dimiliki. Kedua bentuk pelayanan diberikan dengan menyesuaikan kondisi dan kemampuan murid untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga membantu meningkatkan kondisi murid untuk dapat melayani diri dan berfungsi secara sosial dalam melakukan kegiatan sehari-hari pada batas kapasitasnya. Pada pelaksanaannya terdapat kendala yang dialami, seperti pihak orangtua dari murid yang tidak membantu proses pembelajaran ADL di luar sekolah, sehingga membuat anak mengalami kendala dalam penguasaan materi yang diajarkan yang mengakibatkan tidak adanya kemandirian. Situasi tersebut membuat guru mengalami kesulitan dalam memberikan pelayanan kepada murid tunagrahita derajat disabilitas berat. Adapun solusi penanganan yang diajukan oleh peneliti adalah program parents meeting sebagai bagian dalam peningkatan pemahaman orangtua dalam pembelajaran bina diri pada anak tunagrahita berat, dengan pemahaman orangtua mengenai anak tunagrahita derajat disabilitas berat itu sendiri akan membantu pelayanan yang diberikan kepada murid sehingga dapat berjalan lebih optimal untuk meningkatkan potensi mereka. Kata kunci: tunagrahita dengan derajat disabilitas berat, pelayanan, sekolah luar biasa, pendidikan sekolah luar biasa, pelatihan keterampilan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi