Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kualitas Pelayanan dalam Pemeliharaan Saluran Air Limbah Domestik oleh Bagian Operasional Air Limbah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung : studi kasus di Kecamatan Astana Anyar Kelurahan Pelindung Hewan Kota Bandung


Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Dalam Pemeliharaan Saluran Air Limbah Domestik Oleh Bagian Operasional Air Limbah Perusahaan Daerah Air ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110130004351 RID 97/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 RID 97/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 107 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Dalam Pemeliharaan Saluran Air Limbah Domestik Oleh Bagian Operasional Air Limbah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung (Studi Kasus Di Kecamatan Astana Anyar Kelurahan Pelindung Hewan Kota Bandung)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa indikasi masalah yang didapat dari hasil observasi dan wawancara awal seperti Saluran air limbah domestik kurang terpelihara dengan baik, lambatnya penanganan pengaduan serta tambahan biaya, infrastruktur yang kurang memadai. Untuk mengukur kualitas pelayanan pemeliharaan saluran air limbah domestik, penulis menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto yang terdiri dari 5 dimensi yaitu sikap petugas, prosedur, waktu, biaya pelayanan, dan fasilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 126 orang, terdiri dari 100 orang pelanggan dan 26 pegawai dengan proportionate stratified random sampling, hasil angket yang didapatkan diolah menggunakan skala Likert . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pemeliharaan saluran air limbah domestik masih kurang baik. Berdasarkan 5 dimensi yang ada, dimensi waktu menjadi dimensi yang memiliki nilai terendah dibandingkan dimensi lainya, dan dimensi prosedur memiliki nilai tertinggi. Untuk mengatasi permasalahan yang ada PDAM Tirtawening Kota Bandung melakukan pemeliharaan rutin setiap satu bulan sekali untuk melihat bagaimana kondisi saluran yang ada, dilakukan pembuatan SOP mengenai pengaduan pelanggan, mengadakan sosialisasi kepada pelanggan, dan melakukan penambahan sumber daya manusia pada bagian operasional air limbah.

    Kata kunci : kualitas pelayanan, saluran air limbah domestik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi