Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Peran Stakeholders pada Bank Sampah Sukamaju Rahayu di Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung (Studi Kasus Peran Stakeholders pada Program Ecovillage)


Penelitian ini berjudul “Peran Stakeholders Pada Bank Sampah Sukamaju Rahayu di Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung (Studi Kasus ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310120019362 SAM 77/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 SAM 77/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 SAM 77/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Peran Stakeholders Pada Bank Sampah Sukamaju Rahayu di Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung (Studi Kasus Peran Stakeholders Pada Program Ecovillage)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inovasi program untuk membersihkan Sungai Citarum melalui Program Ecovillage. Program Ecovillage adalah salah satu program turunan dari Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah, dan Lestari). Pelaksanaan program Ecovillage ini dilaksanakan pada Desa Sukamaju yang termasuk kedalam segmen 2 dari Program Ecovillage. Desa Sukamaju telah memiliki progress dalam hal pelaksanaan Bank Sampah Sukamaju Rahayu dengan meraih predikat terbaik 2 dalam kelompok Ecovillage. Dalam pelaksanaan rencana aksi Bank Sampah Sukamaju Rahayu terdapat elemen-elemen pemangku kepentingan yang berkaitan langsung dengan Bank Sampah Sukamaju Rahayu. Elemenelemen itu berupa stakeholders Primer dan stakeholders sekunder. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan teori turunan dari stakeholders yang dicetuskan oleh Townsley berupa stakeholders primer dan stakeholders sekunder (dalam Kadir, 2013 : 4). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan data yang diperoleh berdasarkan studi pustaka dan penelitian lapangan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran stakeholders pada Bank Sampah Sukamaju Rahayu di Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung masih memiliki banyak kekurangan. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya salah satu stakeholders yang terlalu menonjol dan kurangnya koordinasi yang dilakukan oleh para stakeholder untuk mendukung Bank Sampah Sukamaju Rahayu. Efeknya adalah minimnya nasabah yang ikut serta dalam Bank Sampah Sukamaju Rahayu dan menimbulkan statement bahwa Bank Sampah Sukamaju Rahayu adalah milik salah satu stakeholder, bukan dimiliki oleh masyarakat. Saran yang diberikan oleh penulis berupa plan of treatment yaitu penguatan kembali pentingnya Bank Sampah Sukamaju Rahayu untuk mengefektifkan dukungan para stakeholder untuk Bank Sampah Sukamaju Rahayu agar tidak terjadi miss koordinasi antar stakeholders. Kata Kunci : Peran Stakeholders, Bank Sampah Sukamaju Rahayu, Program Ecovillage.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi