Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Usia Pra Sekolah oleh Ibu Bekerja (Studi kasus di Desa Jambudipa Kecamatan Warung Kondang Kabupaten Cianjur)


Penelitian ini menggambarkan pemenuhan kebutuhan dasar anak usia pra sekolah oleh ibu bekerja (studi kasus di Desa Jambudipa Kecamatan Warung Kondang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    1703100120008362 FIT 92/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 FIT 92/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 FIT 92/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini menggambarkan pemenuhan kebutuhan dasar anak usia pra sekolah oleh ibu bekerja (studi kasus di Desa Jambudipa Kecamatan Warung Kondang Kabupaten Cianjur). Anak usia pra sekolah adalah anak yang berusia 3-5 tahun. Hal ini akan terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar anak yaitu kebutuhan asuh, kebutuhan asih dan kebutuhan asah. Kebutuhan Asuh meliputi pemenuhan kebutuhan pangan, pemenuhan pemenuhan layanan kesehatan, pemenuhan kebutuhan sandang dan pemenuhan kebutuhan papan. Kebutuhan Asih meliputi terciptanya hubungan afektif di lingkungan keluarga dan terciptanya hubungan afektif di lingkungan teman sebaya. Sedangkan kebutuhan Asah meliputi pemenuhan kebutuhan stimulasi melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ibu yang bekerja di sektor formal bidang industri dalam memenuhi kebutuhan dasar anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sementara itu teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara mendalam, observasi non-partisipasi dan studi dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang, yaitu terdiri dari 3 (tiga) orang ibu bekerja dan 3 (tiga) orang pengasuh pengganti. Hasil penelitian menunjukan bahwa ibu yang bekerja sudah dapat memenuhi kebutuhan dasar anak usia pra sekolah terutama untuk kebutuhan Asuh mengingat ibu yang bekerja memiliki penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ibu bekerja belum optimal dalam memenuhi kebutuhan Asih, waktu yang sedikit membuat ibu bekerja kurang memperhatikan anak sehingga ibu bekerja kurang mengetahui perkembangan anak dan potensi apa yang dimiliki oleh anak. Maka dari itu peneliti merumuskan suatu rencana kegiatan (plan of treatment) berupa “Day care and Parenting education Kata kunci: Kebutuhan dasar anak, Anak usia pra sekolah dan ibu bekerja.


  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi