Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Proses Penerapan Terapi Perilaku pada Anak Autistik di Sekolah Khusus Autisma Bunda Bening Selakshahati, Yayasan Bani Enim, Kabupaten Bandung


Penelitian ini berjudul “Proses Penerapan Terapi Perilaku Pada Anak Autistik Di Sekolah Khusus Autisma Bunda Bening Selakshahati Yayasan Bani Enim ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110026362 ADI 88/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 ADI 88/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 ADI 88/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Proses Penerapan Terapi Perilaku Pada Anak Autistik Di Sekolah Khusus Autisma Bunda Bening Selakshahati Yayasan Bani Enim Kabupaten Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan terapi perilaku yang diberikan pada anak autistik oleh para terapis di Sekolah Khusus Autisma Bunda Bening Selakshahati, Yayasan Bani Enim, Kabupaten Bandung. Adapun fokus penelitian ini terdiri dari empat aspek yang merupakan tahapan dari terapi perilaku, yakni identifikasi perilaku, penentuan tujuan terapi, pemilihan teknik atau metode terapi perilaku yang akan diterapkan, dan evaluasi terapi perilaku. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman studi dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi kepustakaan. Informan dipilih berdasarkan keterkaitan informan dengan fokus penelitian, dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga terpilih empat orang dari pihak pemberi manfaat, yakni terapis, asisten terapis, kepala sekolah, dan guru. Serta, dua orang dari pihak penerima manfaat, yakni orang tua dengan anak yang tinggal di asrama, dan orang tua dengan anak yang hanya melakukan terapi di lokasi penelitian. Teknik analisa data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan terapi perilaku di Sekolah Khusus Autisma Bunda Bening Selakshahati, Yayasan Bani Enim, Kabupaten Bandung hanya menjalankan dua tahapan dari empat tahapan proses penerapan terapi perilaku, yakni tahap identifikasi perilaku, dan evaluasi terapi perilaku. Sedangkan tahap penentuan tujuan terapi perilaku tidak dilakukan dengan alasan menyesuaikan kondisi anak autistik, dan pemilihan teknik terapi perilaku tidak dijalankan karena lokasi penelitian hanya menggunakan satu jenis teknik terapi perilaku, yakni teknik Applied Behavioral Analisys. Kata kunci: Proses, Penerapan Terapi Perilaku
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi