Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Maen Langlayangan (Kajian Folklor Tentang Bentuk-Bentuk, Norma-Norma, danKonteks Sosial Permainan Layang-layang di Kampung Ciwedang, Desa Padamulya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat)


Permainan layang-layang adalah salah satu permainan rakyat yang terkenal di Indonesia, terutama di Kampung Ciwedang, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510110037301 DAN 2/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 DAN 2/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 DAN 2/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Permainan layang-layang adalah salah satu permainan rakyat yang terkenal di Indonesia, terutama di Kampung Ciwedang, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Penelitian ini mencoba mencari bentuk-bentuk permainan layang-layang (berdasarkan dikotomi permainan bermain dan permainan bertanding), norma-normanya, dan konteks sosialnya. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini mencoba untuk menggambarkan fenomena permainan layang-layang secara umum pertama dengan menggunakan metode kuantitatif, selanjutnya menggunakan metode kualitatif untuk mencari tahu bentuk-bentuk, norma-norma, dan konteks sosial dari permainan layang-layang ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa macam bentuk permainan layang-layang, kebanyakan dari bentuk permainan ini merupakan permainan komplementer, atau setidaknya, berhubungan dengan permainan bertanding layang-layang, sementara permainan bertanding layang-layang ini sendiri merupakan permainan utama yang dimainkan di Kampung Ciwedang. Sementara itu dalam norma permainannya, semuanya berhubungan dengan kebudayaan Sunda, begitu pula dengan konteks sosialnya. Kata kunci : Layang-layang, permainan bermain, permainan bertanding, bentuk permainan, norma, konteks sosial.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi