Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Bali Tolak Reklamasi : strategi musisi menolak reklamasi Teluk Benoa dari tahun 2013 sampai dengan 2018


Musisi umumnya dikenal sebagai aktor budaya populer, mereka tidak berpolitik, namun kita menemukannya dalam BTR sejak inisiasi gerakan pada tahun ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170810130008320 ALD 15/2018Perpustakaan Fisip UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 ALD 15/2018
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxiii, 125 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Musisi umumnya dikenal sebagai aktor budaya populer, mereka tidak berpolitik, namun kita menemukannya dalam BTR sejak inisiasi gerakan pada tahun 2013. Mereka melawan pemerintahan dan investor yang merupakan aktoraktor di balik rencana revitalisasi Teluk Benoa. Musisi melawan dengan cara-cara khas mereka, di antaranya menggunakan musik, tanpa terkecuali juga strategi gerakan sosial seperti demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah menggali apa strategi yang digunakan musisi sejak tahun 2013 hingga 2018 untuk mendorong pembatalan RTB. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam kepada informan yang telah ditentukan sebelumnya, serta pengumpulan data sekunder, seperti kliping berita, lagu protes, album musik, foto dokumentasi dan data-data sekunder lainnya. Hasil penelitian ini menemukan lima strategi musisi untuk melawan RTB yang menggunakan model strategi musisi dalam gerakan sosial gabungan pemikiran Simon Frith, John Street, Megan Sullivan, Seth Hague, dan Heather Savigny. Lima strategi tersebut, pertama medium dan pesan, yaitu apa medium yang mereka gunakan serta bagaimana mereka mengemas pesan perlawanan yang disampaikan, kedua penggunaan simbol dan propaganda yang digunakan dalam merepresentasikan ideologi, sikap, atau kepercayaan musisi bersama BTR, ketiga asosiasi musisi dengan susunan infrastruktur di sekitarnya; organisasi nonpemerintah atau ORNOP serta organisasi gerakan sosial, keempat menggunakan atau menggaet media massa untuk amplifikasi kampanye, penyebaran informasi serta mencari dukungan, dan terakhir melakukan penampilan musik untuk membuat kesan friendly, menyederhanakan penyampaian pesan, dan menarik perhatian serta dukungan dengan modal ikatan antara musisi dengan penggemar.

    Kata kunci : strategi musisi dalam gerakan sosial, gerakan sosial, Bali tolak reklamasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi