Skripsi
Perilaku Berdagang Pedagang Minang di Pasar Gedebage (Studi Kasus pada Pedagang Minangkabau di Pasar Cimol Gedebage, Bandung, Jawa Barat)
Penelitian ini merupakan deskripsi tentang perilaku berdagang pedagang Minangkabau di Pasar Gedebage, Kota Bandung. Perilaku berdagang tersebut akan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170510100072 301 MUH 11/2017 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 301 MUH 11/2017Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2017 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 301 MUH 11/2017Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Muhammad Zaki -
Penelitian ini merupakan deskripsi tentang perilaku berdagang pedagang Minangkabau di Pasar Gedebage, Kota Bandung. Perilaku berdagang tersebut akan digambarkan dari bentuk-bentuk interaksi sosial yang dilakukan pedagang Minangkabau terkait tiga komponen penting yang menggerakkan aktivitas perdagangan pakaian bekas di Pasar Cimol Gedebage, yaitu interaksi sosial terkait dengan pemasok, antar sesama pedagang dan pembeli. Penelitian ini bersifat deskriptif, dan dilengkapi dengan data kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan beberapa informan kunci. Data tersebut diperoleh dengan cara pengamatan dan melakukan wawancara dengan informan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas perdagangan pakaian bekas yang dilakukan oleh pedagang Minangkabau di Pasar Cimol Gedebage merupakan salah satu bentuk profesi diantara aktualisasi peran fungsional dalam mencari nafkah hidup. terkait dengan pemasok interaksi sosial tersebut merujuk terhadap cara mendapatkan barang dari pemasok dimana pedagang harus menempuh sistem jual beli khusus yang mengharuskan mereka membangun hubungan yang baik dengan pemasok. Sedangkan dengan sesama pedagang, relasi yang dibangun adalah semata dengan motif ekonomi dimana suatu barang dagangan bisa saja berputar-putar dari satu pedagang ke pedagang lainnya. dari sistem bookingan yang melibatkan komoditas dengan nilai yang besar hingga sistem borongan sampai akhirnya barang tersebut terpencar-pencar menuju pedagang terakhir yang mengambil hasil penjualan yang relatif kecil. Lalu yang terakhir, terkait interaksinya dengan pembeli tercermin dari beberapa perilaku yang penulis gambarkan diatas pedagang berusaha untuk menjalin suatu ikatan berlangganan. Kata Kunci : Pedagang, Minangkabau, Pasar Tradisional, Pasar Loak small sales results. Then the latter, related interactions with buyers is reflected in some behavior that the author described above traders are trying to forge a clientization. Key word : Trader, Minangkabau, Traditional Market, Flea Market. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.