Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kerjasama Pertahanan Australia Dan Indonesia Melalui Indonesia-Australia Defence Strategic Dialogue (IADSD) Ke I-VII : Studi Perbandingan Strategi Pertahanan PM John Howard Dan PM Kevin Rudd


Cindy Margaretha, Kerjasama Pertahanan Australia dan Indonesia melalui Indonesia-Australia Defence Strategic Dialogue ke I – VII : Studi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210080194327 CN 8/2015Perpustakaan Fisip Unpad (2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 CIN 8/215
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327 CIN 8/215
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Cindy Margaretha, Kerjasama Pertahanan Australia dan Indonesia melalui Indonesia-Australia Defence Strategic Dialogue ke I – VII : Studi Perbandingan Strategi Pertahanan Perdana Menteri (PM) John Howard dan PM Kevin Rudd. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Jatinangor, Januari 2015.
    Penelitian ini bertujuan untuk memberi pemahaman mengenai strategi pertahanan Australia melalui perbandingan strategi pertahanan pada masa pemerintahan PM John Howard dan PM Kevin Rudd terhadap Indonesia di bidang pertahanan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberi pemahaman dan gambaran tentang perkembangan kerjasama pertahanan Australia-Indonesia melalui dukungan forum IADSD ke I – VII.
    Peneliti menggunakan pendekatan neorealisme serta teori keamanan yang menjelaskan mengenai strategi pertahanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan cara investigasi perbandingan. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui studi literature, wawancara dengan narasumber terkait, dan sumber-sumber yang diperoleh melalui internet. Validitas dan reliabilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi khususnya triangulasi sumber. Penelitian ini juga melewati serangkaian teknik analisi data seperti menghimpun data, mereduksi, menyajikan data, serta menyajikan kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pertahanan PM John Howard didasarkan pada : aspek kepentingan Australia yang erat dengan aliansi Australia-Amerika Serikat; Aspek ancaman berkaitan dengan terorisme, superioritas AS, peran PBB, dan isu kebangkitan RRC, isu kawasan ASEAN, dan isu imigran gelap; Aspek tujuan dengan Indonesia secara khusus adalah peningkatan kerjasama antar angkatan; Aspek kebijakan PM Howard terhadap Indonesia yang menonjol adalah keterlibatan pasuka Australia dalam krisis Timor Timur, pemberlakuan ketentuan AMIS, pembuatan Perjanjian Lombok, dan pemberian visa bagi warga Papua pencari suaka.
    Sementara strategi pertahanan PM Kevin Rudd didasarkan pada : aspek kepentingan Australia menerapkan prinsip creative middle-power; Aspek ancaman menyangkut isu kebangkitan RRC, terorisme, isu kawasan, isu imigran gelap; Aspek tujuan Rudd yang berbeda dengan Howard adalah kerjasama dengan Afghanistan, sedangkan tujuan terhadap Indonesia tidak jauh berbeda; Aspek kebijakan PM Rudd terhadap Indonesia diarahkan kepada pengembangan implementasi Perjanjian Lombok seperti kerjasama konsultasi pendidikan militer Australia dengan Universitas Pertahanan Indonesia serta peningkatan bidang industri pertahanan.
    Kata kunci : Strategi Pertahanan, Kerjasama Bilateral, Australia, Indonesia, John Howard, Kevin Rudd, IADSD.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi