Skripsi
Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih Kota Jakarta Timur pada Pasien Rawat Inap Pengguna Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kelas III
Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih Kota Jakarta Timur Pada Pasien Rawat Inap Pengguna Program Badan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170110110093 351 AZM 58/2015 Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 1) Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 351 AZM 58/2015Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 351 AZM 58/2015Tipe Isi textTipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Azmuazi Fhebrizal -
Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih Kota Jakarta Timur Pada Pasien Rawat Inap Pengguna Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kelas III ”. Latar belakang yang mendasari penulisan skripsi ini adalah fenomena mengenai tindakan diskriminatif yang dilakukan oleh petugas atau tenaga medis yang ada di Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan. Padahal Pemerintah telah mengupayakan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang non-diskriminatif bagi seluruh lapisan masyarakat dengan membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di RSUD Budhi Asih Kota Jakarta Timur dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien rawat inap pengguna program BPJS Kesehatan kelas III. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Tangkilisan (2006). Teori ini menyatakan bahwa terdapat empat dimensi dalam menentukan kualitas pelayanan, yaitu Responsivitas, Kesopanan, Akses, dan Komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif analisis. Data diperoleh melalui studi pustaka dan dokumen, observasi pasif, dan wawancara mendalam yang dilakukan kepada informan yang terdiri dari pasien atau keluarga pendamping pasien dari setiap layanan rawat inap yang ada di RSUD Budhi Asih pengguna program BPJS Kesehatan kelas III. Jika dianalisis berdasarkan aspek dari keempat dimensi yang digunakan, terdapat hasil yang berbeda-beda. Pada dimensi responsivitas dan dimensi kesopanan, petugas dan tenaga medis telah menjalankan tugasnya dengan baik, hal ini dilihat dari apresiasi yang diberikan keluarga pendamping pasien kepada petugas serta tenaga medis. Kemudian pada dimensi akses dikatakan kurang baik karena kurangnya waktu interaksi antara keluarga pendamping pasien dengan petugas administrasi BPJS Kesehatan. Dan terakhir pada dimensi komunikasi dikatakan kurang baik karena pasien tidak mendapatkan informasi mengenai catatan rekam medis mereka tersimpan di arsip RSUD Budhi Asih dari petugas maupun tenaga medis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan RSUD Budhi Asih pada pasien rawat inap pengguna program BPJS Kesehatan kelas III dapat dikatakan baik, namun belum sepenuhnya berjalan dengan prima karena masih ada segelintir tindakan diskriminatif yang dilakukan oleh petugas dan tenaga medis. Saran dari penulis adalah pihak manajemen RSUD Budhi Asih perlu melakukan tindakan evaluasi terhadap petugas atau tenaga medis setiap kali ada keluhan dari pasien dan keluarga pendamping pasien sehingga kedepannya tidak ada lagi pasien yang mengeluhkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas dan tenaga medis kepada mereka. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Rawat Inap, Kelas III -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.