Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Ketergantungan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu Terhadap Malaysia


MACHRADIN WAHYUDI RITONGA. 170210080004. Ketergantungan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu Terhadap Malaysia. Program ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210080004327 MAC 135/2015Perpustakaan Fisip Unpad (2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 MAC 135/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327 MAC 135/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • MACHRADIN WAHYUDI RITONGA. 170210080004. Ketergantungan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu Terhadap Malaysia. Program Studi Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, 2015.
    Penelitian ini ditujukan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana ketergantungan sosial dan ekonomi masyarakat perbatasan kabupaten Kapuas Hulu terhadap Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif, sumber-sumber yang diperoleh melalui internet, dan studi lapangan di perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu dengan Malaysia.
    Konsep Human Security digunakan untuk menjelaskan motif yang melatarbelakangi adanya ketergantungan di kawasan perbatasan Kapuas Hulu.Tiga aspek dalam Human Security yang menjadi motif aktifitas lintas batas adalah upaya untuk memenuhi Food Security, Health Secuurity, dan pendidikan untuk mendapatkan kehidupan yang layak dari segi Economic Security.
    Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa tingkat ketergantungan suatu daerah di kawasan perbatasan Kapuas Hulu berkaitan erat dengan jarak, akses, dan keadaan di daerah tersebut mulai dari infrastruktur dan fasilitas publiknya. Dan analisis human security, dapat diketahui bahwa motif yang melatarbelakangi aktifitas lintas batas dan ketergantungan masyarakat Kapuas Hulu adalah untuk pemenuhan kehidupan yang layak dari segi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.
    Kata Kunci: Ketergantungan, Human Security, Perbatasan Indonesia-Malaysia, Kabupaten Kapuas Hulu.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi