Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Strategi Brazi, Russia, India, China, And Saouth Africa ( BRICS) Dalam Menghadapi Dominasi Dolar Amerika


Lusi Puspitaningrum. 170210110115. Strategi BRICS dalam Menghadapi Dominasi Dolar Amerika. Program Studi Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210110115327 LUS 134/2015Perpustakaan Fisip Unpad (2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 LUS 134/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327 LUS 134/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Lusi Puspitaningrum. 170210110115. Strategi BRICS dalam Menghadapi Dominasi Dolar Amerika. Program Studi Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Padjadjaran, 2015.
    Dolar Amerika Serikat sudah lama menjadi mata uang global dunia. Selama beberapa dekade penggunaan dolar benar-benar dominan dalam aktivitas perdagangan internasional. Dengan dominansi dolar yang mengglobal, Amerika memegang kendali yang luar biasa di seluruh dunia. Saat ini lebih dari 6 persen dari seluruh cadangan mata uang asing dunia berada dalam nilai dolar. Namun belakangan ini muncul berbagai prediksi akan semakin melemahnya dolar. Terutama terkait kemunculan BRICS yang terdiri dari Brazil Rusia, India, China, dan Afrika Selatan yang bertujuan menciptakan dunia multipolar yang tidak hanya berpusat kepada Barat, terutama dalam hal ekonomi yang selama ini bergantung kepada dolar.
    Sebagai sebuah kelompok regional yang terbentuk karena adanya kesamaan tujuan, BRICS berusaha mencapai tujuannya melalui strategi-strategi untuk mengurangi ketergantungan dunia terhadap dolar sekaligus meningkatkan peran mereka dalam dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana strategi yang dilakukan BRICS dalam mecapai kepentingannya tersebut.
    Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep regionalisme untuk menggambarkan posisi BRICS dalam dunia internasional. Peneliti juga menggunakan konsep strategi untuk mengkaji langkah-langkah yang digunakan BRICS dalam menghadapi dominasi dolar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi untuk memberikan kajian analisis mengenai bagaimana strategi yang digunakan negara-negara BRICS untuk menghadapi dominasi dolar
    Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa BRICS mengambil strategi dari dua sisi dengan cara memperkuat hubungan diantara negara anggotanya serta melibatkan diri dalam interaksi internasional untuk memperkuat posisi mereka dalam dunia internasional. Strategi-strategi tersebut diantaranya mereformasi institusi-institusi Bretton, Woods, penggunaan sistem currency swap, pembentukan New Development Bank, dan membentuk mitra kerjasama ekonomi BRICS.
    Kata kunci : BRICS, Regionalisme, Dominasi Dolar, Strategi BRICS
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi