Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

"Bank Sampah Warga Manglayang (BSWM) Ditinjau Dari Aspek Social Entrepreneurship Di RW 06 Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung"


Penelitian ini membahas mengenai Bank Sampah Wargi Manglayang (BSWM) di Tinjau Dari Aspek Social Entrepreneurship di RW 06 Kelurahan Palasari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310080059362 VEN 7/2015Perpustakaan Fisip Unpad (3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 VEN 7/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 VEN 7/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini membahas mengenai Bank Sampah Wargi Manglayang (BSWM) di Tinjau Dari Aspek Social Entrepreneurship di RW 06 Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru
    Kota Bandung. Sasaran keegiatan pengelolaan sampah ini adalah masyarakat RW 06 Kelurahan Palasari. Kegiatan pengelolaan ini terdiri dari menabung sampah, pelatihan dan pengomposan dengan metode keranjang tatakura, pengomposan limbah rumah tangga, pelatihan penanganan limbah sampah pelastik, dan membina masyarakat didalam menjalankan kegiatan pengelolaan sampah. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam, observasi non partisipasi, dan studi dokumentasi.
    Adapun penelitian ini membahas tentang aspek kewirausahaan sosial yang diterapkan didalam kegiatan pengelolaan sampah yang dijalankan oleh Bank Sampah Wargi Manglayang. Aspek kewirausahaan tersebut terdir dari mendefinisikan tujuan misi (defining your mission), proses mobilisasi sumber daya (mobilizing resaurce), menarik minat masyarakat (understanding and attacting poeple).
    Tujuan dari kegiatan pengelolaan sampah ini adalah untuk mencapai visi dan misi Bank Sampah Wargi Manglayang engan cara memanfaatkan sampah sebagai sumber daya baru. Awal berdirinya Bank Sampah Wargi Manglayang berawal dari sebuah gagasan atau ide mengurangi volume sampang di Rw 06 Kelurahan Palasari. Namun, dalam menjalankan kegiatan pengelolaan sampah tentunya juga tidak terlepas dari ancaman resiko. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Tim BSWM telah memiliki cara tersendiri. Didalam perakteknya kegiatann pengelolaan sampah ini juga dilakukan dengan cara bisnis, seperti membangun sebuah jaringan bisnis. Tim BSWM juga membangun sebuah hubungan kemitraan dengan pihak kedua dan melakukan proses sosialisasi kepada masyarakat.
    Berdasarkan hasil penelitian ini , peneliti mebuat plan of treatment (POT) berupa Pelatihan usaha produktif secara partisipatif. Tim BSWM dalam hal ini telah berupaya semaksimal dalam memasarkan produk hasil dari BSWM yang secara kelembagaan masih belum mandiri untuk dapat menjangkau pasar yang luas, Serta kemampuan dalam melihat misi kewirausahaan sosial yang di rasa masih kurang untuk di kembangkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha ekonomi produktif bagi para anggota BSWM. Selain itu kegiatan pelatihan ini bertujuan supaya para anggota dan juga para masyarakat bisa lebih kreatif lagi melihat peluang dalam kewirausahaan sosial tersebut disamping membangun karakter penguatan jiwa sosial bagi mereka yang mengikutinya, sekaligus menerapkan dan memanfaatkan peningkatan kualitas daya saing, dan upaya pengembangan melalui kewirausahaan sosial ini.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi