Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Strategi Pemerintahan Dalam Mengembangkan Komponen Cadangan Kekuatan Pertahanan Negara


Penelitian ini berjudul Strategi Pemerintah Dalam Mengembangkan Komponen Cadangan Kekuatan Pertahanan Negara (Studi Pada Ditjen Pothan Kementerian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410100072320 BIN 76/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 BIN 76/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 BIN 76/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul Strategi Pemerintah Dalam Mengembangkan Komponen Cadangan Kekuatan Pertahanan Negara (Studi Pada Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jaman dan juga perkembangan lingkungan strategis Indonesia yang menuntut perubahan sistem pertahanan negara. Bentuk ancaman yang berubah menjadi multidimensional pun menjadi hal menarik dalam penelitian ini yang pada akhirnya mutlak mempengaruhi sistem pertahanan Indonesia.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana strategi pemerintah dalam mengembangkan komponen cadangan pertahanan negara di masa damai ini, serta mengidentifikasikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat terkait komponen cadangan ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
    Hasil penelitian di lapangan menunjukkan perbedaan pandangan dan pemahaman antar para pemangku kepentingan yang terus mengulur pengesahan RUU KCPN. Pro dan kontra terjadi di tengah masyarakat karena kurangnya sosialisasi sehingga pemahaman masyarakat pun terbatas. Selain itu faktor traumatik masyarakat terhadap militeristik menjadi hambatan pemerintah dalam mengembangkan komponen cadangan ini. Dengan demikian untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah merancangkan suatu strategi yang mencakup aspek penentuan tujuan, perumusan kebijakan, dan operasionalisasi untuk mengembangkan komponen cadangan.
    Kata Kunci: Pertahanan Semesta, Komponen Cadangan, Pemangku Kepentingan, Strategi Pemerintah
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi