Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kepercayaan Ibu Hamil Terhadap Makhluk Halus (studi kepercayaan rakyat pada masyarakat desa Tegal Sumedang kec. Rancaekek Kab. Bandung)


Penelitian ini menggambarkan tentang kepercayaan ibu hamil di Desa Tegal Sumedang terhadap makhluk halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510100013301 YUL 15/201Perpustakaan Fisip Unpad (5)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 YUL 15/201
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 YUL 15/201
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini menggambarkan tentang kepercayaan ibu hamil di Desa Tegal Sumedang terhadap makhluk halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan yang berkembang di desa tersebut terhadap makhluk halus, serta bagaimana pencegahan yang dilakukan oleh mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian folklor. Dalam metode tersebut terbagi dalam tiga tahap, yaitu tahap pra-penelitian, penelitian di tempat, kemudian pengarsipan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara kepada informan-informan kunci.
    Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa dengan masuknya bidan desa, berarti ilmu medis modern telah masuk ke desa ini. Namun, hal tersebut tidak serta-merta mengubah kepercayaan ibu hamil terhadap adanya gangguan makhluk halus yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mereka pada saat kehamilan. Mereka pergi ke bidan desa, tetapi juga masih mempraktekkan ritual-ritual yang berhubungan dengan hal-hal magis.
    Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dengan bertemunya ilmu medis Barat dan kepercayaan yang ada di desa tersebut, membentuk sebuah akulturasi budaya. Kondisi ekologis, sosiologis, dan religi adalah hal-hal yang mempengaruhi kepercayaan tersebut masih tetap berkembang. Selain itu, nilai-nilai dari seorang anak—dimana anak bisa membantu keluarga di ranah domestik dan publik secara cuma-cuma—merupakan salah satu faktor masih terpeliharanya kepercayaan tersebut hingga saat ini.
    Kata kunci : kepercayaan rakyat, mitos, ibu hamil, makhluk halus
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi