Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

"Klasifikasi Dan Pemanfaatan Bambu" (Studi Kasus Di Desa Sangkanhurip,Kecamatan Sindang,Kabupaten Majalengka,Jawa Barat)


Skripsi ini merupakan penelitian etnobotani, tentang pengklasifikasian dan pemanfaatan terhadap keanekaragaman bambu oleh masyarakat Desa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510110066301 IKA 25/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 IKA 25/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 IKA 25/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skripsi ini merupakan penelitian etnobotani, tentang pengklasifikasian dan pemanfaatan terhadap keanekaragaman bambu oleh masyarakat Desa Sangkanhurip, Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa studi lapangan, wawancara, partisipasi observasi serta studi pustaka. Tujuan dalam penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang pengetahuan, pemahaman, serta kepercayaan lokal masyarakat Sangkanhurip terhadap bambu dalam mengklasifikasikan keanekaragaman bambu dan pemanfaatannya di lingkungannya.
    Berdasarkan hasil penelitian bahwa Desa Sangkanhurip merupakan adalah hutan bambu dan menjadi sumberdaya bagi masyarakat secara berkelanjutan. Pemanfaatan bambu yang dilakukan oleh masyarakat menghasilkan kerajinan, alat rumah tangga, bahan kontruksi bangunan serta peralatan adat istiadat. Berdasarkan beberapa temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengklasifikasian keanekaragaman jenis bambu oleh masyarakat Desa Sangkanhurip didasarkan atas pemanfaatan menggunakan pengetahuan dan pemahaman tradisional.
    Kata kunci: bambu, pemanfaatan, pengklasifikasian, etnobotani, masyarakat lokal
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi