Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Perawatan Kesehatan Keluarga (studi kasus perawatan kesehatan keluarga sebelum sakit menurut pedagang jamu gendong di RW.03 ds.Batukarut Kec. Arjasari kab.Bandung)


Perawatan kesehatan keluarga adalah perawatan yang dilakukan di rumah oleh orang yang sehat terhadap orang yang sakit dengan memanfaatkan pengetahuan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510110004301 NAD 38/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 NAD 38/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 NAD 38/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Perawatan kesehatan keluarga adalah perawatan yang dilakukan di rumah oleh orang yang sehat terhadap orang yang sakit dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki untuk menjaga kesehatan yang dilakukan oleh pedagang jamu gendong. Pedagang jamu gendong merupakan profesi yang memiliki warisan cara peracikan jamu dari ibu atau kakak perempuan secara turun temurun. Pengetahuan meracik jamu digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan keluarga. Berkembangnya zaman dengan tersedianya jamu kemasan dan obat-obatan menjadi sebuah pilihan dalam perawatan kesehatan keluarga yang kini diminati. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perawatan kesehatan keluarga sebelum sakit dan pada saat sakit pada keluarga pedagang jamu gendong di RW 03, Desa Batukarut.
    Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara kepada tiga informan.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep sehat dan sakit menurut informan adalah sehat yaitu dapat bekerja dan mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sedangkan sakit adalah tidak dapat bekerja dan tidak mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan penuturan informan, peneliti mengkategorikan penyakit berdasarkan kategori anggota tubuh bagian atas, tengah dan bawah. Umumnya gejala penyakit yang diderita seperti pusing kepala, badan lemas dan wajah pucat. Perawatan yang dilakukan pedagang jamu gendong beserta anggota keluarganya selain dengan minum jamu gendong racikan sendiri juga menggunakan jamu kemasan dan obat-obatan yang mampu memberikan khasiat cepat dalam menjaga kesehatan, bila sudah sesuai akan satu jenis jamu dan obat maka mereka akan terus menggunakannya untuk merawat kesehatan keluarga.
    Berdasarkan hasil penelitian tentang perawatan kesehatan keluarga pada pedagang jamu gendong bahwa adanya akulturasi antara obat tradisional dan obat medis karena tidak hanya menggunakan jamu gendong melainkan juga menggunakan obat medis dalam perawatan kesehatan keluarga maka dengan begitu perlu adanya pengawasan dari pemerintah mengenai persaingan antara jamu tradisional dengan obat modern oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.
    Kata Kunci : Jamu, Pedagang Jamu Gendong, Perawatan Kesehatan Keluarga
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi