Detail Cantuman

Image of Kerjasama ekonomi India-Iran dalam memenuhi keamanan energi India pasca Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA)

Skripsi  

Kerjasama ekonomi India-Iran dalam memenuhi keamanan energi India pasca Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA)


Keamanan Internasional merupakan salah satu bidang kaji dalam Studi Hubungan Internasional. Masuknya isu-isu non-tradisional dalam kajian keamanan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210140066327 RAH 7/2019Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 RAH 7/2019
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 74 hlm., 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Keamanan Internasional merupakan salah satu bidang kaji dalam Studi Hubungan Internasional. Masuknya isu-isu non-tradisional dalam kajian keamanan internasional, memunculkan aspek-aspek baru yang tidak hanya berkutat pada militer, namun juga termasuk didalamnya aspek ekonomi, sosial, lingkungan, hingga energi. Keamanan energi kini tidak hanya dinilai sebagai bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan produk pasar internasional saja, akan tetapi mempunyai nilai yang sangat strategis dalam kepentingan politik keamanan nasional dan internasional. Keamanan Energi suatu negara salah satunya dapat dipenuhi melalui pengadaaan kerjasama Internasional, seperti bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan antara India dan Iran. Selain kejasama dalam bentuk perdagangan miyak dan gas, India juga aktif mengambil peran sebagai investor dari beberapa proyek besar di Iran, seperti pengelolaan Pelabuhan Chabahar, dan eksplorasi ladang gas Farzad B. Penelitan ini disusun untuk mengetahui bagaimana kerjasama kedua negara yang terjadi setelah JCPOA, digunakan sebagai pemenuhan keamanan energi India, dengan fokus pada energi minyak dan gas sebagai sektor utama dari hubungan energi India dan Iran, menggunakan metode penelitian kualitatif. Kontribusi kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh India dan Iran setelah penandatanganan JCPOA di tahun 2015 terhadap upaya pemenuhan keamanan energi India, dianalisis dengan melihat terpenuhinya indikator keamanan energi, yaitu Availability (Ketersediaan), Reliability (Keandalan), Affordability (Keterjangkauan) , dan Sustainability (Keberlanjutan). Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa kerjasama ekonomi berupa perdagangan dan investasi yang dilakukan oleh India dan Iran ini belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Kerjasama yang dijalankan oleh kedua negara masih terhalang oleh kendala situasi politik internasional yang mempengaruhi pengambilan keputusan kedua negara.

    Kata kunci : Kerjasama Bilateral, Migas, Trade, Keamanan Energi, India, Iran, Pelabuhan Chabahar, Farzad B.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi